Ini Masjid Pertama di Muka Bumi

Masjid Quba (shutterstock)

Arah - Masjid Quba adalah masjid pertama kali yang ada di dunia dan dibangun oleh Rasulullah. Meskipun Masjid Quba saat ini memang terlihat lebih megah dan indah karena renovasi dari pemerintah Arab Saudi.

Al hasil saat ini kondisinya sudah berubah sesuai perkembangan zaman dan kebutuhan jama’ah, namun masjid ini menyimpan sejarah yang tak mungkin dilupakan.

Sejarah Masjid Quba di awali oleh Rasulullah yang pertama kali meletakkan batu tepat di kiblatnya. Abu bakar kemudian datang membawa batu dan meletakkannya.

Dilanjutkan Umar yang meletakkan batu di samping batu abu bakar. Setelah itu barulah kaum muslimin beramai-ramai membangunnya. 

Awal mula sejarahnya ketika Nabi Muhammad dalam perjalanan hijrah ke Madinah, di kampung Quba, Sayyidina 'Ammar RA mengusulkan untuk membangun tempat berteduh bagi Baginda Nabi agar dapat beristirahat siang dan mendirikan salat dengan tenang. Lalu, Sayyidina 'Ammar mulai mengumpulkan batu-batu dan mendirikan masjid.

Al khathabi menginformasikan dari As syamusi binti an-numan, "Tatkala Rasulullah membangun Mesjid Quba, Sayyidina Ammar bin Auf datang membawa batu yang diikatkan di perutnya lalu meletakannya. Seorang pria kemudian datang hendak mengangkatnya, tetapi dia tidak kuat. Rasulullah pun menyuruh lelaki itu meninggalkannya dan mengambil batu yang lain.”

Berita Terkait

Sambut Nuzulul Quran, Ratusan Siswa SD Temanggung Khataman Quran Sambut Nuzulul Quran, Ratusan Siswa SD Temanggung Khataman Quran
Awas, Makan Sahur Jangan Berlebihan Awas, Makan Sahur Jangan Berlebihan
BMKG Pantau Rukyat Hilal di 23 Titik di Indonesia BMKG Pantau Rukyat Hilal di 23 Titik di Indonesia

#Kiblat #Masjid #Masjid Tertua #Ramadhan 1438 H #Ramadhan 2017

Ingin informasi lebih, follow dan Like

Komentar