Ini Manfaat Tertawa yang Belum Banyak Diketahui Orang

Ilustrasi orang tertawa (Pixabay)

Arah - Tertawa sudah menjadi bagian dari kehidupan manusia. Umumnya tertawa sebagai ekspresi kegembiraan, kebahagiaan atau bahkan kelucuan.

Mungkin banyak yang belum tahu, tertawa memiliki banyak manfaat. Sejumlah studi menunjukkan tertawa bermanfaat bagi kesehatan. Berikut manfaat tertawa bagi kesehatan yang dikutip dari berbagai sumber:

1. Mengurangi stres
Banyaknya permasalahan dalam hidup tak jarang membuat stres. Dilansir dari Indiatimes, salah satu cara mengurangi stres dengan memperbanyak tertawa. Menemui teman atau orang yang memiliki selera humor tinggi bisa membuat lebih banyak tertawa.

2. Memperlambat penuaan
Tertawa bisa memperlampat proses penuaan dengan cara meningkatkan kadar endorphin dalam tubuh. Karena itu, orang yang suka tertawa terlihat jauh lebih muda dari usia sebenarnya.

3. Menurunkan tekanan darah
Tekanan darah tinggi atau hipertensi merupakan salah satu efek samping dari stres. Dikutip dari Mental Floss, studi pada 2017 menyebutkan tertawa bisa menurunkan tekanan darah. Hasil studi ini dimuat dalam Journal of Dental and Medical Research.

Studi lainnya pada 2011 yang dimuat dalam American Heart Association Scientific Sessions juga menunjukkan hal yang sama.

4. Menurunkan kecemasan
Studi terapi tertawa pada 1990 dilakukan terhadap 53 pelajar sekolah. Hasil studi ini kemudian dipublikasikan dalam Psychological Reports.

Terapi tertawa bisa menurunkan kecemasan pada pasien parkinson, mengurangi kecemasan dan depresi pada mahasiswa keperawatan, meningkatkan optimisme, harga diri dan mengurangi depresi pada wanita menopause.

Sementara penulis Bernard Saper melihat dari sisi psikologis. Menurutnya, kemampuan mempertahankan rasa humor dan tertawa bisa membantu seseorang melewati masa sulit.

5. Anti-depresan
Tertawa juga bisa membantu meringankan gejala depresi, terutama bagi orang lanjut usia (lansia) atau orang yang dirawat di rumah sakit dalam waktu lama dan penyakit berat.

Studi pada tahun 2015 yang dipublikasikan dalam Journal of Alternative and Complementary Medicine menyebutkan tiga kali 60 menit terapi tertawa bisa menurunkan depresi dan mood negatif dari pasien kanker.

6. Lebih produktif
Sering tertawa bisa mengurfangi stres dan ketegangan. Tertawa merupakan salah satu cara untuk menyegarkan otak. Dengan otak yang segar akan menjadi lebih produktif.

Berita Terkait

Tertawa Ternyata Dapat Membantu Seseorang Memiliki Perut Sixpack Tertawa Ternyata Dapat Membantu Seseorang Memiliki Perut Sixpack
Cegah Resiko Kematian Dengan Tidak Tertawa Secara Berlebihan Cegah Resiko Kematian Dengan Tidak Tertawa Secara Berlebihan
Harus Tau! Ini Manfaat Ketawa Bagi Kesehatan Harus Tau! Ini Manfaat Ketawa Bagi Kesehatan

#Tertawa #Manfaat Tertawa #kesehatan #Jakarta

Ingin informasi lebih, follow dan Like

Komentar