Awas! Marak Penipuan Mobil Mewah di Kawasan Bintaro

Ilustrasi: Mobil SUV Toyota Fortuner. (toyota.astra.co.id)

Arah - Polda Metro Jaya baru saja menangkap pelaku perkara dugaan tindak pidana penipuan dan pencucian uang.

Anggota Unit IV Subdit 6 Ranmor Ditreskrimum mengungkapkan, sindikat penipuan tersebut terbagi menjadi dua tim, yaitu tim Kisaran dan tim Medan.

Tim Kisaran disebutkan membantu koordinasi dengan sindikat di dalam sel. Sedangkan, Tim Medan yang bertanggung jawab mengatur segala arus informasi dalam penindakan.

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Awi Setiyono mengatakan, para pelaku melancarkan aksinya dengan menggunakan telepon genggam.

Ketika beraksi, salah satu pelaku mengaku sebagai salah satu pejabat Polri. Sedangkan tempat kejadian perkara berada di bilangan ATM Carefour Sektor 7 Bintaro, Tangerang Selatan.

"Dengan nomor hp berbeda, pelaku menghubungi para korbannya secara acak. Mereka mengaku sebagai pejabat Polri yang memenangkan lelang dalam penjualan kendaraan roda empat," ujar Kombes Pol Awi Setiyono di Polda Metro Jaya, Selasa (21/6).

Awi menambahkan, modus pelaku adalah dengan cara mengiming-imingi para korban dengan harga murah untuk satu unit kendaraan mewah.

Sehingga, korban pun terbuai dan tertarik untuk melakukan pembelian mobil mewah tersebut kepada pelaku.

Saat berhasil menipu korbannya, pelaku meminta uang muka sebesar 30 persen sesuai dengan harga mobil yang ditawarkan.

"Kemudian dengan mudahnya tiga korban mentransferkan uang demi mendapatkan sebuah mobil mewah dengan harga di bawah standar," kata Awi.

"Korban berjumlah tiga orang. Mereka tertarik membeli dua unit Fortuner, satu unit Innova dan satu Camry. Dan pelaku meminta 30 persen untuk uang muka total Rp363 juta. Kemudian ditransfer ke tiga rekening berbeda," ucapnya.

Terdapat delapan pelaku hingga saat ini, termasuk Aw, Ap, MRZ, IJSG, WK, dan MA, ES, lalu SW.

Atas perbuatannya itu, pelaku terancam dijerat pasal 378 dengan hukuman 4 tahun. Serta pasal 3 UU RI no 8 tahun 2010 tentang pencegahan dan pemberantasan tindak pidana pencucian uang dengan penjara paling lama 20 tahun. (Wildan)

Berita Terkait

Kiat Menghindari Kejahatan Angkutan Umum Kiat Menghindari Kejahatan Angkutan Umum
Waspadai Modus Penculikan Bayi Seperti ini Waspadai Modus Penculikan Bayi Seperti ini
Selama Ramadan, Angka Kriminalitas Anak Meningkat Selama Ramadan, Angka Kriminalitas Anak Meningkat

#Tindak Penipuan #Kasus Penipuan #penipuan #Polisi gadungan #Bintaro #kriminalitas #Tindak Kriminal

Ingin informasi lebih, follow dan Like

Komentar