Fase Perubahan Ajaib Yang Dialami Tubuh Setelah Berhenti Merokok

Ilustrasi Rokok Marlboro Lights. (Foter/Werner Kunz)

Arah - Melihat dampak buruk yang ditimbulkan bagi mental dan fisik, seharusnya para perokok segera sadar untuk menghentikan kebiasan buruk tersebut. Jika sudah kecanduan, sulit untuk menghentikannya karena yang akan dilawan adalah tubuh kita sendiri. Tak jarang sakit kepala, mual, nyeri dada, berkeringat dan tekanan darah mengalami fluktuasi jika perokok melawan untuk berhenti

Walau Keinginan untuk berhenti merokok memanglah tidak mudah, namun kamu harus tahu efek positif yang terjadi di dalam tubuh langsung terjadi jika kamu berhasil berhenti merokok.

Dilansir dari Boldsky, ada beberapa perubahan ajaib akan terjadi secara cepat dan berkala mana kala asap beserta zat-zat berbahaya dalam rokok tidak lagi masuk ke dalam tubuh.

1. Setelah 30 Menit
Hanya butuh waktu selama setengah jam untuk membuat tekanan darah menjadi normal.

2. Setelah 9 Jam
Rokok dapat menyebabkan racun karbon monoksida yang tetkumpul di dalam darah. Setelah sembilan jam, tubuh akan mengalami peningkatan oksigen. Kemudian tingkat penurunan gas beracun ini akan membuat oksigen kembali normal.

3. Setelah 2 Hari
Resiko serangan jantung menurun dalam waktu 48 jam paska merokok yang terakhir. Tingkat nikotin juga akan berkurang dalam darah, sehingga bau badan akan kembali normal.

4. Setelah 3 Hari
Paru-paru dan saluran pernapasa akan mulai beraantai dan dapat menikmati lebih banyak udara. Berhenti merokok dapat membantu mendistribusikan lebih banyak oksigen ke dalam tubuh.

5. Seelah 2 Minggu
Sirkulasi darah akan meningkat dan akan terus berlanjut hanya dalam kurun waktu 10 minggu saja. Hati akan memompa lebih banyak darah ke organ tubuh lainnya. Pada fase ini rasa bosen akan mulai terobati dan seseorang dapat menjadi lebih energik.

6. Setelah 8-9 Bulan
Kapasitas paru-paru menjadi meningkat, sehingga dapat menyerap udara lebih 15 persen lebih banyak. Masalah sesak napas dan batuk akan sembuh pada rentang masa ini.

7. Setelah Setahun
Resiko serangan jantung dan stroke akan berkurang menjadi setengahnya. Fleksibilitas pembuluh darah pun akan mulai berjalan normal.

8. Setelah 5 Tahun
Kesehatan Hati dan Otak akan aman seperti orang-orang yang tidak pernah merokok. Saat gaya hidup sehat ini dipertahankan. Kemungkinan terkena serangan jantung dapat secara drastis terkurangi.

9. Setelah 10 Tahun
Risiko kanker paru-paru akan berkurang setelah berhenti merokok selama sepuluh tahun.

Berita Terkait

YLKI: Rokok Mahal Bisa Turunkan Angka Kemiskinan YLKI: Rokok Mahal Bisa Turunkan Angka Kemiskinan
Bisa Cegah Remaja Merokok, MPR Dukung Kenaikan Harga Bisa Cegah Remaja Merokok, MPR Dukung Kenaikan Harga
Ketua DPR RI Setuju bila Harga Rokok Jadi Rp50 Ribu Ketua DPR RI Setuju bila Harga Rokok Jadi Rp50 Ribu

#bahaya rokok #rokok #Perokok #tips kesehatan

Ingin informasi lebih, follow dan Like

Komentar