Mars 2020, Robot Baru NASA untuk Menjelajah 'Si Planet Merah'

Atmosfer Planet Mars. (wikimedia.org)

Arah - Setelah merilis rover Mars terbaru dalam simulasi mixed-reality, Badan Antariksa Nasional AS NASA semakin dekat ke desain tahap akhir untuk mewujudkan robot pintar penjelajah Planet Merah itu pada musim panas tahun 2020.

Tak seperti Curiosity, yang masih memiliki tur panjang di Mars, rover baru —yang sementara— bernama 'Mars 2020' akan menyelidiki wilayah planet yang diyakini memiliki bukti kehidupan di masa lampau.

Tujuan jangka panjang dari robot penjelajah ini adalah mengumpulkan sampel batuan di Mars secara teliti, dan mengembalikan mereka ke Bumi untuk analisis lebih lanjut.

Sepintas, Mars 2020 banyak menduplikasi desain dasar dari "saudara tuanya," Curiosity, namun dengan muatan yang sama sekali baru dan instrumen yang lebih canggih untuk analisis dan terbang kembali ke Bumi.

Salah satu harapan dari eksperimen ini adalah memastikan apakah Mars layak menjadi habitat atau koloni baru bagi umat manusia Bumi, seperti mengandung kadar oksigen ataupun air.

"Rangkaian eksperimen ini akan membantu para insinyur untuk mempelajari sumber daya Mars yang memproduksi oksigen untuk kelangsungan hidup manusia, dan yang berpotensi untuk menjadi bahan bakar roket di masa depan," tulis NASA dalam pernyataan resmi, yang dikutip Engadget.

Sayang, NASA masih enggan mengungkapkan berapa dana yang telah habis untuk riset dan pengembangan Mars 2020 sejauh ini.

Berita aneh terbaru lain hanya di arah.com

Berita Terkait

Berapa Lama Waktu yang Dibutuhkan ke Mars Sesungguhnya? Berapa Lama Waktu yang Dibutuhkan ke Mars Sesungguhnya?
Wow! Planet Mars Juga Alami Zaman Es, Bahkan Sudah 400 Ribu Tahun Wow! Planet Mars Juga Alami Zaman Es, Bahkan Sudah 400 Ribu Tahun
Menguak Misteri 'Planet 9', Anggota Terbaru di Tata Surya Menguak Misteri 'Planet 9', Anggota Terbaru di Tata Surya

#Planet Mars #Mars #Badan Antariksa Nasional AS (NASA) #Antariksa #Planet #Tata Surya #Luar Angkasa

Ingin informasi lebih, follow dan Like

Komentar