Verifikasi 1 Juta KTP, KPU Siapkan 1.000 Petugas Verifikasi

Ilustrasi: Rekapitulasi 1 juta KTP di markas Teman Ahok, Pejaten, Pasar Minggu, Jakarta Selatan, Rabu (29/6/2016). (arah.com/Restu Saputra)

Arah - Komisi Pemilihan Umum (KPU) DKI Jakarta akan tetap membuka pendaftaran jalur perseorangan untuk Pemilihan Gubernur (Pilgub) DKI 2017 kendati belakangan banyak beredar isu bahwa tidak akan ada calon perseorangan.

"Kita kan tidak tahu kalau besok ada masyarakat yang tiba-tiba mau mendaftar," ujar Ketua KPU DKI Jakarta Sumarno pada arah.com di Hotel Merlynn Park, Jakarta Pusat, Rabu (27/7).

"Mungkin (calonnya) sekarang diam-diam saja, eh nggak tahunya punya satu juta KTP di dalam satu kontainer. Makanya, kita tetap akan buka lapak dari tanggal 3-7 Agustus mendatang."

Ia pun menjelaskan bagaimana proses verifikasi pendukung calon gubernur perseorangan.

"Verifikasi dulu, bener nggak ada orangnya (pemilik KTP). Kalau terverifikasi, verifikasi lagi, bener nggak dia mendukung calon itu," jelasnya.

Untuk menyelesaikan verikasi yang menurut Sumarno akan memakan waktu satu bulan ini, KPU telah menyiapkan 1.000 orang petugas verifikasi.

Bila dalam pelaksanaannya ternyata masih kurang tenaga, maka KPU akan mengambil dari kalangan masyarakat kelurahan setempat.

"Sebelumnya, kita akan melakukan simulasi dulu. Misal, dalam satu hari dengan jumlah orang sekian, bisa verifikasi berapa KTP. Setelah itu, nanti dievaluasi. Kalau kurang, ditambah. Kalau lebih, ya dikurangi," paparnya. (Ratih Prastika)

Berita Terkait

KPU: Verifikasi KTP Sebaiknya Dilakukan Terbuka KPU: Verifikasi KTP Sebaiknya Dilakukan Terbuka
Ketua DPR: Verifikasi 1 Juta KTP Itu Harus, Supaya Nggak Curang Ketua DPR: Verifikasi 1 Juta KTP Itu Harus, Supaya Nggak Curang
Demi Verifikasi KTP, Pendukung Ahok Rela Cuti? Demi Verifikasi KTP, Pendukung Ahok Rela Cuti?

#Verifikasi 1 Juta KTP #verifikasi #Pilgub DKI Jakarta #syarat calon independen #calon independen #Teman Ahok

Ingin informasi lebih, follow dan Like

Komentar