Terminal 3 Ultimate, Bandara High Tech Yang Kaya Akan Budaya

Terminal 3 Ultimate (Sumber: finance.detik.com)

Arah -  Jika bepergian keluar negeri atau keluar kota menggunakan pesawat, bandara merupakan tempat pertama seseorang menginjakkan kaki di negara atau pun kota yang dikunjungi. Sehingga kesan pertama yang ditunjukan bandara menjadi penting.

Bandara yang nyaman, aman, dan bersih dapat memberikan kesan yang positif kepada pengunjung, sebaliknya bandara yang tidak nyaman, kotor, dan tidak terawat akan memberikan kesan yang negatif.

Pihak PT. Angakasa Pura II bekerja keras untuk memberikan suasana yang ramah, nyaman, dan aman.

Arief Yahya menilai, konsep interior yang hendak diusulkan ke PT. Angkasa Pura II itu sesuai dengan data dan angka ketertarikan wisman atau costumers ke tanah air. Menurut dia, 60% mereka suka culture, 35% nature dan 5% man made atau people.

"Saya rasa komposisi desain interiornya juga harus mengikuti persentase itu. Misalnya Borobudur, penari Bali, perempuan berjalan di pematang sawah dengan memanggul tumpukan buah untuk upacara di Ubud itu kategori culture. Lalu Raja Ampat, Komodo, Toba, Bromo dan lainnya itu nature atau alam. Sedangkan sport tourism dan MICE itu man made," jelas Arief Yahya.

Selain sentuhan budaya yang kuat, terminal 3 Ultimate juga memiliki teknologi yang canggih.

Contohnya dari segi keamanan penumpang. Terminal 3 Ultimate memiliki puluhan kamera CCTV yang mampu memantau pergerakan penumpang. Sehingga jika ada penumpang yang tidak sengaja meninggalkan koper selama 5 – 10 menit maka kamera CCTV akan segera mendeteksi dan petugas keamanan dengan segera akan mengamankannya. Ditambah lagi CCTV ini mampu mendeteksi wajah penumpang yang masuk dalam DPO (Daftar Pencarian Orang) dan mendeteksi bahan peledak atau bom.

Terminal 3 Ultimate rencananya akan mulai beroperasi pada pertangahan Agustus mendatang dengan tahap awal digunakan untuk maskapai Garuda Indonesia.

Mudahnya berbagi info:

Redaksi arah.com menerima tulisan tentang komunitas menarik untuk dipublikasikan. Kirim tulisan kamu ke [email protected]. Bagi kamu yang tulisannya sudah dimuat di blog, sertakan link tulisan tersebut.

Atau untuk kamu yang punya video tentang aktivitas suatu komunitas, silakan kirimkan linkvideoyang sudah diupload di situs Youtube ke [email protected], jangan lupa sertakan juga tulisan pendek minimal 3 paragraf.

Berita Terkait

Sempat Tertunda, Terminal 3 Soetta Diverifikasi 11 Juli 2016 Sempat Tertunda, Terminal 3 Soetta Diverifikasi 11 Juli 2016
Terminal 3 Ultimate Dijadwalkan Beroperasi Usai Lebaran Terminal 3 Ultimate Dijadwalkan Beroperasi Usai Lebaran
Kemenhub Beri Waktu Tiga Hari AP Perbaiki Terminal 3 Ultimate Kemenhub Beri Waktu Tiga Hari AP Perbaiki Terminal 3 Ultimate

#Pembangunan Bandara Terminal 3 Ultimate Soetta #Bandara Internasional Soekarno-Hatta

Ingin informasi lebih, follow dan Like

Komentar