Dishub: Jumlah Angkot di Bekasi 'Overload'

Ilustrasi: Angkot mogok operasi (Foto: Antara/Indrianto Eko Suwarso)

Arah -  Dinas Perhubungan Kota Bekasi, Jawa Barat, mencatat jumlah angkutan umum perkotaan (angkot) di wilayahnya telah melampaui angka ideal.

"Idealnya, jumlah angkot di Kota Bekasi 1.600 unit, namun saat ini sudah melebihi ketentuan, yakni mencapai 3.200 hingga 3.500 unit dengan beragam trayek," kata Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Bekasi Yayan Yuliana di Bekasi, Kamis (11/8).

Menurut dia, jumlah ideal angkot diukur berdasarkan kapasitas jalan dan kebutuhan trayek penumpang di 12 kecamatan.

Dampak dari membengkaknya jumlah angkot itu adalah kemacetan dan juga pelanggaran perizinan operasional.

"Operasional angkot yang ada saat ini kebanyakan tidak memiliki surat-surat kelengkapan operasional (bodong)," katanya, dikutip Antara.

Yayan juga mengakui sebanyak 49 titik kemacetan lalu lintas di Bekasi salah satunya dipicu keberadaan terminal bayangan angkot.

Kehadiran terminal bayangan itu diakibatkan sepinya penumpang akibat makin banyaknya warga yang mengendarai sepeda motor atau menggunakan angkutan berbasis aplikasi dalam jaringan (online).

"Lihat saja, setiap pagi dan sore, angkot sering 'ngetem' sembarang tempat, membuat macet jalan. Padahal penumpang angkot tidak sebanyak saat belum ada angkutan berbasis aplikasi online," katanya.

Untuk itu, Dinas Perhubungan akan terus merazia angkot yang tidak berizin maupun tidak layak jalan hingga beberapa hari ke depan.

Dishub Kota Bekasi bersama dengan Satlantas Polresta Bekasi Kota serta Satpol PP Kota Bekasi akan menyasar angkot yang berusia di atas 15 tahun untuk diremajakan.

Yayan menyebut pemilik angkot saat ini tidak lagi memperhatikan kenyamanan dan keamanan armada angkotnya.

"Ini yang akan kami benahi secara perlahan. Agar masyarakat merasa aman, nyaman menggunakan angkot di Kota Bekasi," ujarnya.

Berita Terkait

Pembatasan Kendaraan Sistem Pelat Ganjil-Genap Usai Lebaran Pembatasan Kendaraan Sistem Pelat Ganjil-Genap Usai Lebaran
Satu Taksi Diduga Dirusak Pengemudi Ojek Online Satu Taksi Diduga Dirusak Pengemudi Ojek Online
Dishub Ajukan Sistem Satu Arah, Begini Komentar Ahok Dishub Ajukan Sistem Satu Arah, Begini Komentar Ahok

#angkutan umum #Sopir Angkot #Razia Angkutan Umum #Warga Bekasi #Dishub Bekasi #Bekasi #Kemacetan Kendaraan #Kemacetan Jakarta

Ingin informasi lebih, follow dan Like

Komentar