'Dikunci' Jokowi, 3 Parpol Pendukung Tak Akan Tinggalkan Ahok

Ilustrasi: Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (tengah), perwakilan partai politik Nasdem, Hanura, dan Golkar, serta perwakilan dari Teman Ahok berfoto bersama saat Halal Bihalal di Markas Teman Ahok, Pejaten, Jakarta, Rabu (27/7). Gubernur yang akrab disapa Ahok itu memutuskan maju sebagai bakal calon Gubernur DKI Jakarta pada Pilkada 2017 melalui jalur partai politik. (ANTARA FOTO/Reno Esnir)

Arah -  Analis politik dari lembaga kajian Voxpol Center Pangi Syarwi Chaniago menilai Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok tidak akan ditinggalkan oleh tiga partai yang mengusungnya dalam Pilkada DKI Jakarta 2017.

"Saya kira sulit tiga partai tersebut menarik diri. Ketiga partai tersebut sudah dikunci oleh Presiden Jokowi. Ketua Umum Nasdem, Hanura dan Golkar tidak akan berani macam-macam, karena jika satu partai saja menarik diri, Ahok akan selesai," kata Pangi di Jakarta, Jumat (12/8).

Pangi menekankan Ahok memiliki kedekatan khusus dengan Presiden Jokowi karena keduanya pernah menjadi pasangan Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta. Atas dasar itu, kata Pangi, tiga partai akan sulit menarik diri dari komitmennya mengusung Ahok.

"Presiden Jokowi adalah juru kunci. Beliau merupakan elite penentu jadi atau tidaknya Ahok sebagai calon Gubernur DKI Jakarta, sehingga tiga partai tersebut sulit menarik diri, berbeda halnya kalau Presiden Jokowi tidak lagi berpihak ke Ahok, saya kira Ahok selesai," ujar dia.

Pangi seperti dilansir Antara menekankan Presiden Jokowi adalah orang yang mampu menggaransi dukungan tiga partai politik untuk Ahok. Presiden dinilai bisa melobi tiga partai tersebut karena ketua umum tiga parpol tersebut mitra koalisi pemerintah, dan sangat dekat dengan Presiden Jokowi.

Sedangkan terkait kemungkinan partai presiden yakni PDI Perjuangan mengusung calon lain ditengah keberpihakan Jokowi terhadap Ahok, menurut Pangi, hal itu mungkin saja terjadi.

"Kalau Ketua Umum PDIP ibu Megawati ingin mengurangi pengaruh Presiden Jokowi pada kontestasi pilkada tersebut, maka kemungkinan PDIP akan mengusung calon sendiri dan menyiapkan sang penantang dan lawan tanding yang sebanding dengan Ahok," jelas dia.

Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok akan maju sebagai calon dalam Pilkada DKI Jakarta 2017. Ahok yang sebelumnya memilih jalur perseorangan kini memutuskan maju dengan diusung tiga partai politik yakni Nasdem, Hanura serta Golkar.

Berita Terkait

Kata Elite Parpol Risma Sudah Oke, Tinggal ...... Kata Elite Parpol Risma Sudah Oke, Tinggal ......
Hadiri Aksi Dukung Ahok-Heru, 'Teman Ahok' Terbelah? Hadiri Aksi Dukung Ahok-Heru, 'Teman Ahok' Terbelah?
Begini Persisnya, Omongan Ahok Pindah ke Jalur Parpol Begini Persisnya, Omongan Ahok Pindah ke Jalur Parpol

#Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) #Ahok #Pilkada DKI Jakarta 2017 #Pilgub DKI Jakarta #Cagub DKI 2017 #calon gubernur DKI #calon gubernur jakarta #Koalisi Kekeluargaan

Ingin informasi lebih, follow dan Like

Komentar