Keluarga Korban Vaksin Palsu: Penanganan Vaksin Palsu Tak Serius

Ketua Aliansi Korban RS Harapan Bunda, August Siregar menggelar konferensi pers di Kantor Yayasan Lembaga Bantuan Hukum Indonesia (YLBHI) Jakarta, Sabtu (13/8/2016). (arah.com/Ratih Prastika)

Arah - Ketua Aliansi Korban Vaksi Palsu Rumah Sakit Harapan Bunda, August Siregar menilai tak ada upaya penanganan yang serius dari pihak rumah sakit yang telah menggunakan vaksin palsu.

Lebih dari itu, menurutnya pihak Rumah Sakit Harapan Bunda masih tak mengakui keterlibatannya dalam kasus vaksin palsu.

"Ada satu pernyataan yang membuat miris adanya lari dari upaya dari tanggung jawab. Mereka menyatakan tidak sama dengan 13 RS lainnya, dimana yang terlibat (hanya) dokter dan perawat," ujarnya saat jumpa pers di Kantor YLBHI, Jalan Diponegoro, Menteng, Jakarta Pusat, Sabtu (12/8/2016).

Ia menambahkan, pasca-hampir satu bulan diumumkannya RS diduga pengguna vaksin palsu, belum ada titik terang atau itikad baik dari RS Harapan Bunda.

"Hal ini dapat dibuktikan dengan belum adanya kemauan dari RS Harapan Bunda untuk menanggung biaya medical check-up dan tanggungjawab lainnya," katanya.

Ia juga mendesak RS Harapan Bunda menyampaikan alur pengadaan vaksinnya pada publik serta bertanggung jawab memberi ganti rugi dan asuransi kesehatan bagi para korban.

"Rumah sakit lain juga menolak menindaklanjuti korban vaksin palsu karena hawatir disalahkan bila ada sesuatu dalam penanganannya,"

Ia juga menyayangkan tertutupnya sikap RS Harapan Bunda dakam beberapa pertemuan baikbyang diinisiasi oleh KPAI, Ombudsman, maupun Komnas PA.

"Mereka memberikan resume medis pada beberapa pasien yang pemberitahuannya melalui pesan singkat (sms), seperti petak umpet," katanya. (Ratih Prastika)

Berita Terkait

Korban Vaksin Palsu Ancam Bikin Satgas Vaksin Tandingan Korban Vaksin Palsu Ancam Bikin Satgas Vaksin Tandingan
Menkes Investigasi 5 Provinsi Terindikasi Vaksin Palsu Menkes Investigasi 5 Provinsi Terindikasi Vaksin Palsu
Atasi Kepanikan, Pemerintah Diminta Buka Posko Vaksin Palsu Atasi Kepanikan, Pemerintah Diminta Buka Posko Vaksin Palsu

#Korban Vaksin Palsu #Vaksin Palsu #Kementerian Kesehatan

Ingin informasi lebih, follow dan Like

Komentar