Warga Bekas Penggusuran Kampung Akuarium Gelar Upacara HUT RI

Warga bekas Kampung Akuarium, Penjaringan, Jakarta utara menggelar peringatan Kemerdekaan Indonesia, Jakarta, Rabu (17/8/2016). (arah.com/Dani Hermasnyah)

Arah - Ratusan warga bekas Kampung Akuarium, Penjaringan, Jakarta Utara menggelar upcara bendera dalam rangka memperingati Hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke-71 di Kampung Akuarium, Penjaringan, Jakarta Utara, Rabu (17/8/2016).

Acara yang digelar oleh kelompok masyararakat yang mengatasnamakan Aliansi Gerakan Melawan Jakarta dilaksanakan di atas puing bangunan bekas penggusuran beberapa waktu silam.

Aktivis perempuan sekaligus pegiat HAM, Ratna Sarumpaet yang menghadiri acara tersebut mengatakan bahwa acara tersebut merupakan cara konsolidasi ke masyarakat.

"Ya karena mau mencoba merasa merdeka walaupun nggak mungkin kita rasakan merdeka sekarang," ujar Ratna saat ditemui di Kampung Akuarium, Jakarta, Rabu (17/8/2016).

Ratna menambahkan, bahwa acara tersebut merupakan sebagai bentuk peryaaan hari Kemerdekaan Republik Indonesia. Namun, Ia mengaku bukan merayakan kemerdekaannya.

"Yang kita rayakan hari kemerdekaannya, bukan kemerdekaannya karena kita belum masuk ke situ. Kita malah masih di pintu, di balik pintu gerbang kemerdekaan, mengerikan nggak coba. Ya itu realita sekarang," pungkas Ratna.

Peringatan HUT ke-71 RI di Kampung Akuarium, Pasar Ikan, Penjaringan, Jakarta Utara juga dihadir ratusan anggota Kelompok Serikat Pekerja Indonesia.

Selain itu, acara tersebut juga dihadir oleh sejumlah aktivis sosial seperti Ratna Sarumpaet, Ridwan Saidi. Tidak hanya itu, rencananya acara ini juga akan dihadiri oleh tokoh nasional seperti Yusril Ihza Mahendra, dan Mantan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Rizal Ramli. (Dani Hermansyah)

Berita Terkait

Ahok: Beragama Tapi Tak Menjunjung Keadilan, Itu Menghina Tuhan Ahok: Beragama Tapi Tak Menjunjung Keadilan, Itu Menghina Tuhan
Pengalihan Arus di Istana Presiden Sebabkan Sejumlah Kemacetan Pengalihan Arus di Istana Presiden Sebabkan Sejumlah Kemacetan
Ahok Bantah Mengetahui 'Rumah Ahok Inspirasi Jakarta' Ahok Bantah Mengetahui 'Rumah Ahok Inspirasi Jakarta'

#Warga Kampung Akuarium #HUT Kemerdekaan RI #HUT ke-71 RI #Penggusuran Pasar Ikan

Ingin informasi lebih, follow dan Like

Komentar