Imam Besar Istiqlal: Pancasila, Solusi Terorisme di Indonesia

Ilustrasi: Warga mengecat patung lambang negara Garuda Pancasila di salah satu gapura di Sumowono, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah, Selasa (9/8). Pengecatan gapura tersebut sebagai persiapan warga dalam menyambut peraayaan hari ulang tahun (HUT) ke-71 Kemerdekaan Republik Indonesia. (ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra)

Arah - Imam Besar Masjid Istiqlal Prof Dr Nasaruddin Umar MA mengajak segenap warga bangsa untuk kembali memahami dan mengamalkan Pancasila sebagai ideologi yang mempersatukan bangsa Indonesia.

"Pancasila adalah karya nasionalis-nasionalis Indonesia yang sadar bahwa Indonesia beraneka budaya dan menuntut orang untuk bertoleransi," katanya di Jakarta, Rabu (24/8).

Menurut dia, Antara melansir, penguatan Pancasila menjadi penting untuk menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), terutama dalam menghadapi ancaman radikalisme dan terorisme.

Ia yakin bila masyarakat Indonesia mampu mengamalkan nilai-nilai Pancasila yang di dalamnya terdapat prinsip toleransi, persatuan, kebhinnekaan, dan berkepribadian timur maka otomatis paham-paham kekerasan akan sulit mengganggu bangsa Indonesia.

"Aksi terorisme itu berawal dari penggerusan ideologi bangsa. Dengan memperkuat ideologi Pancasila, kita pasti bisa membendung bahkan mengusir terorisme dari Indonesia," tuturnya.

Hanya, lanjut dia, sebagaimana yang dilakukan pendiri bangsa, nilai-nilai luar yang diterima hendaknya yang tidak bertentangan dengan kondisi objektif dan nilai-nilai lokal bangsa Indonesia.

"Kita harus juga memperhatikan posisi budaya Indonesia semisal kepercayaan dan agama-agama yang punya andil terhadap terbentuknya Indonesia," ujarnya.

Berita Terkait

Nasaruddin Umar Tanggapi Fenomena Matahari Melintas di Atas Kabah Nasaruddin Umar Tanggapi Fenomena Matahari Melintas di Atas Kabah
Polisi: Benar, Ada Penangkapan Teroris Munir di Bogor Polisi: Benar, Ada Penangkapan Teroris Munir di Bogor
Jadi Hari Lahir Pancasila, 1 Juni Besok Libur? Jadi Hari Lahir Pancasila, 1 Juni Besok Libur?

#Pancasila #Asas Pancasila #Perangi Terorisme #Terorisme #Istiqlal #Imam Besar Masjid Istiqlal

Ingin informasi lebih, follow dan Like

Komentar