Dirikan Sekolah Parlemen, Akom Harap Nilai Anggota Dewan Jadi 9

Mantan Ketua DPR Ade komarudin di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta. (Dok.arah.com/Haryanto)

Arah - Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI kini tengah merencanakan pembangunan sekolah parlemen agar anggota dewan dapat mengerti tugas mereka lebih baik seperti fungsi legislasi dan merancang undang-undang.

"Apa itu fungsi legislasi, bagaimana cara mengerjakannya, bagaimana cara membahas dan merancang undang-undang, kemudian fungsi pengawasan, fungsi anggaran," ujar Ketua DPR Ade Komaruddin (Akom) di Gedung DPR, Jakarta, Jumat (26/8/2016).

Akom -sapaan Ade- mengatakan mempelajari hal-hal tersebut bukanlah hal yang mudah. Namun ia berharap sekolah parlemen ini dapat menjadikan anggota dewan semakin baik.

"Itu semua bukan hal-hal yang mudah, tapi itu juga tergantung pola rekrutmen. Kalau kita mendidik dengan kualitas dari awal itu 6, begitu dididik dengan sistem yang baik, dengan sekolah yang kita siapkan, yang bersangkutan (anggota dewan) bisa dapat nilai 8 bahkan 9, jadi dia siap tempur sebagai anggota parlemen pada saatnya," jelas Akom.

Sementara terkait anggaran, Akom akan mensubsidi anggaran yang ada.

"Nanti soal anggaran paling kita permak aja yang udah ada, ya nanti disana pokoknya harus seperti kampus pada umumnya," pungkas Akom.

Sekolah parlemen sejatinya ditujukan untuk politikus artis yang menjadi sorotan masyarakat karena dinilai tidak mampu menjalankan tugas sebagai anggota parlemen. Selain itu masyarakat yang tertarik mengetahui sejaerah parlemen juga bisa bergabung ke sekolah parlemen ini. (Helmi Shemi)

Berita Terkait

Selain Sekolah Parlemen, DPR Akan Susun Undang-Undang Rekrutmen Selain Sekolah Parlemen, DPR Akan Susun Undang-Undang Rekrutmen
Politikus Artis Dikambinghitamkan, DPR akan Buat Sekolah Parlemen Politikus Artis Dikambinghitamkan, DPR akan Buat Sekolah Parlemen
Akom: Dulu Artis Dipilih Rame-rame, Sekarang Dikambinghitamkan Akom: Dulu Artis Dipilih Rame-rame, Sekarang Dikambinghitamkan

#Parlemen #Ketua DPR RI #politikus

Ingin informasi lebih, follow dan Like

Komentar