Selain Sekolah Parlemen, DPR Akan Susun Undang-Undang Rekrutmen

Dok Rapat Paripurna DPR di Gedung DPR, Senayan, Jakarta.

Arah - Selain sekolah parlemen, Ketua DPR Ade Komaruddin (Akom) menyatakan, DPR juga berencana menyusun undang-undang perekrutan agar calon legislatif memiliki kualitas seperti yang diharapkan masyarakat.

"Walau sumber rekrutmen bagus, dari parpol (partai politik) mudah-mudahan kita nanti dalam pembahasan sistem pemilih hal ini menjadi prioritas bagi anggota dewan dan pemerintah dalam menyusun undang-undang perlunya sitem rekrutmen untuk calon legislatif yang bagus sesuai dengan harapan masyarakat," kata Akom di Gedung DPR, Jakarta, Jumat (26/8/2016).

Dengan pola dan sistem rekrutmen yang baik, Akom berharap anggota dewan tidak hanya memiliki elektabilitas yang bagus namun juga memiliki kualitas.

"Pola rekrutmen dan sistem rekrutmen yang memungkinkan kita semua menyadari bahwa kita perlu bukan hanya orang tersebut punya tingkat elektabilitas yang bagus di masyarakat tapi yang bersangkutan juga harus punya kualitas yang mumpuni untuk jadi anggota parlemen," harap Akom.

Sekolah parlemen direncanakan dibangun untuk mengatasi persoalan tentang pandangan masyarakat yang menilai banyaknya anggota dewan yang tidak mengerti tugasnya, terlebih yang berasal dari kalangan artis. (Helmi Shemi)

Berita Terkait

Dirikan Sekolah Parlemen, Akom Harap Nilai Anggota Dewan Jadi 9 Dirikan Sekolah Parlemen, Akom Harap Nilai Anggota Dewan Jadi 9
Politikus Artis Dikambinghitamkan, DPR akan Buat Sekolah Parlemen Politikus Artis Dikambinghitamkan, DPR akan Buat Sekolah Parlemen
Ade Komarudin Bosan Ditanya Soal Penggantian Kepala BIN Ade Komarudin Bosan Ditanya Soal Penggantian Kepala BIN

#Ketua DPR RI #Legislator #Parlemen

Ingin informasi lebih, follow dan Like

Komentar