Wow! Singapura Operasikan Taksi Tanpa Pengemudi

Perusahaan nutonomy mulai mengoperasikan taksi tanpa pengemudi pada Rabu (24/8). (Foto: nutonomy.com)

Arah -  Angkutan umum yang murah, membuat operator berlomba-lomba melakukan inovasi. Jika di Indonesia berkembang taksi dengan aplikasi online, Singapura kini maju selangkah lagi. Negeri Singa itu mulai mengoperasikan taksi online, tanpa pengemudia.

Inovasi angkutan umum ini memang baru dijalankan dalam tahap ujicoba, pada Rabu (24/8). Selama masa ujicoba ini, penumpang tidak dikenakan biaya sama sekali alias gratis. Karena masih pengujian, di belakang kemudi masih ada petugas yang memastikan keamanan jalannya kendaraan. Meski pun, orang tersebut tak mengoperasikan apa-apa.

Taksi online tanpa pengemudi ini, dioperasikan oleh nuTonomy, sebuah perusahaan start-up aplikasi, asal Amerika Serikat. Perusahaan ini didirikan dua peneliti MIT bidang robotik. nuTonomy sendiri tidak memproduksi mobil, sehingga taksi yang dioperasikan menggunakan mobil Renault dan mobil listrik Mitsubishi.

Seperti dikutip dari nutonomy.com, taksi yang diujicoba baru enam unit. Masing-masing dilengkapi sistem robotik yang kompleks, serta kamera laser yang beroperasi seperti radar untuk memonitor sekitar mobil. Juga dengan ditambahi beberapa kamera yang terhubung dengan piranti lunak.

Surga Taksi di Dunia
Untuk sementara, taksi ini dioperasikan dalam radius 4 kilometer. Pelanggan juga hanya dapat dijemput di titik tertentu, sehingga tak bisa naik dari semabarang lokasi. nuTonomy berencana untuk memperluas layanan dalam beberapa bulan ke depan.

nuTonomy sebenarnya sudah mengajukan ujicoba di beberapa negara. Namun baru Singapura yang memberikan izin. Negeri singa ini dikenal sebagai 'surga taksi’, karena memiliki mobil sendiri sangat mahal.  Ongkos taksi murah dan banyak sekali permintaan pemesanan taksi.

Selain itu, lalu lintas di seluruh kota cukup disiplin dan teratur. nuTonomy menargerkan, jika ujicoba berhasil, akan  mengembangkan armada taksi yang benar-benar tanpa sopir di Singapura pada 2018.







Berita Terkait

Plago, Pengamen Bandung Main Musik Klasik Dipuji Walikota Plago, Pengamen Bandung Main Musik Klasik Dipuji Walikota
Duh! Dievakuasi dari Kebakaran, Anak Dilempar Ayah dari Apartemen Duh! Dievakuasi dari Kebakaran, Anak Dilempar Ayah dari Apartemen
Dipicu Cekcok Alur Cerita Sinetron, Ratusan Warga Desa Tawuran Dipicu Cekcok Alur Cerita Sinetron, Ratusan Warga Desa Tawuran

#Fakta Unik #Foto Viral #Video Viral #Viral #singapura #Taksi Online #taksi

Ingin informasi lebih, follow dan Like

Komentar