Evakuasi Kelima, Puluhan WNI di Yaman Dipulangkan

Pejuang pro pemerintah berdiri di samping sebuah tank yang hancur dalam pertempuran baru-baru ini di kota Taiz barat daya Yaman, Senin (14/3). (ANTARA FOTO/REUTERS/Anees Mahyoub/cfo/16)

Arah -  Kedutaan Besar RI di Sanaa telah memulangkan 67 WNI sebagai upaya evakuasi tahap kelima dari sejumlah kota yang berada di Republik Yaman.

Evakuasi dilakukan pada 24-26 Agustus 2016 terhadap 53 pelajar, 7 Tenaga Kerja Indonesia (TKI), 4 ibu rumah tangga dan 3 anak.

Siaran pers KBRI Sanaa yang diterima Antara di Jakarta pada Minggu menyebutkan mereka berasal dari Tarim, Aden, Fiyus Sanaa dan Hudaidah.

Pihak KBRI mengevakuasi para WNI melalui jalan darat menuju perbatasan Yaman-Oman tepatnya ke Kota Salalah, Oman.

"Seluruh peserta evakuasi tersebut tiba di Salalah, Oman pada tanggal 24 Agustus 2016 dan selama di Salalah, mereka ditempatkan di sebuah penampungan yang difasilitasi oleh KBRI Sanaa," demikian KBRI.

Para WNI diberangkatkan ke Jakarta melalui Bandara Internasional Salalah pada 26 Agustus 2016.

Kuasa Usaha Ad-Interim (KUAI) Sulthon Sjahril bersama Minister Councellor KBRI Sanaa, Abdul Mun'im menyatakan perlindungan dan keselamatan WNI di Yaman yang sedang mengalami konflik bersenjata menjadi prioritas pemerintah.

Kedutaan juga mengimbau kepada WNI untuk tidak melakukan perjalanan ke Yaman hingga situasi pulih.

Sulthon meminta kepada para WNI yang telah dipulangkan dari Yaman untuk memanfaatkan ilmunya bagi pembangunan di Tanah Air.

Sementara itu, Koordinator Fungsi Protokol dan Konsuler Rediatma Ihsan Supriyadi mengatakan pemulangan tersebut merupakan upaya kelima pada 2016. Pproses kegiatan evakuasi tahap kelima berlangsung secara tertib dan lancar.

Berita Terkait

66 TKI Bermasalah Dideportasi Melalui Entikong 66 TKI Bermasalah Dideportasi Melalui Entikong
Tragis! Bocah 8 Tahun Tewas Saat Malam Pertama Tragis! Bocah 8 Tahun Tewas Saat Malam Pertama
Lebaran, Perundingan Perang Saudara Dihentikan Dua Pekan Lebaran, Perundingan Perang Saudara Dihentikan Dua Pekan

#Evakuasi WNI #Yaman #Pemulangan TKI

Ingin informasi lebih, follow dan Like

Komentar