FOTO: Semangat Mandiri, Siswa Berkebutuhan Khusus

Arah - Berdasarkan Permendikbud Nomor 70 Tahun 2009, pendidikan inklusif dimaksudkan sebagai sistem layanan pendidikan yang mengikut-sertakan anak berkebutuhan khusus belajar bersama dengan anak sebayanya di sekolah reguler yang terdekat dengan tempat tinggalnya.

Penyelenggaraan pendidikan inklusif menuntut pihak sekolah melakukan penyesuaian baik dari segi kurikulum, sarana dan prasarana pendidikan, maupun sistem pembelajaran yang disesuaikan dengan kebutuhan individu peserta didik.

Dengan demikian, sejumlah siswa-siswi yang berkebutuhan khusus juga mendapat tempat yang sama dalam menuntut ilmu untuk bekalnya dikemudian hari. Meski mengalami keterbatasan, mereka terlihat semangat mengerjakan soal-soal dan berupaya menyelesaikan pendidikan tingkat SMP seperti ditunjukkan siswa berkebutuhan khusus di Palembang dan Makassar ini dan tentunya juga di berbagai daerah di Tanah Air.

Seperti diketahui, total siswa yang mengikuti UN SMP/Mts di seluruh Indonesia yang mengikuti Ujian Nasional Kertas Pensil (UNKP) sebanyak 4.052.068 siswa dan yang mengikuti UN Berbasis Komputer sebanyak 156.320 siswa.

Berita Terkait

Pemprov DKI Targetkan 2017 UN Serentak Berbasis Komputer Pemprov DKI Targetkan 2017 UN Serentak Berbasis Komputer
Ahok: Percuma Pintar Tapi Perilakunya Tidak Terpuji Ahok: Percuma Pintar Tapi Perilakunya Tidak Terpuji
Kemendikbud: UNBK di SMP Lebih Siap daripada SMA Kemendikbud: UNBK di SMP Lebih Siap daripada SMA

#Siswa Berkebutuhan Khusus #Ujian Nasional (UN) SMP #UN SMP/Mts #Pendidikan Inklusif

Ingin informasi lebih, follow dan Like

Komentar