FOTO: Menanti Laju di Atas dan di Bawah Bumi

Arah -  Mass Rapid Transit (MRT) merupakan salah satu proyek infrastruktur unggulan Joko Widodo. Sempat tertunda dan terbengkalai kejelasan pengerjaannya, proyek ini akhirnya dimulai pada 10 Oktober 2013, oleh Joko Widodo saat masih menjabat gubernur DKI Jakarta.

Waktu berjalan, Jokowi pun terpilih menjadi presiden. Meski sejatinya proyek bernilai Rp15 triliun (ruas Lebak Bulus-Blok M-Bundaran HI) merupakan proyek Pemprov DKI, namun Presiden Jokowi secara khusus memberi perhatian pada pembangunan sistem transportasi ini. 

Jokowi secara khusus meninjau perkembangan pengerjaan proyek yang didanai Japan International Cooperation Agency (JICA) dan APBD DKI Jakarta ini, pada Jum'at (30/9). Dia optimistis sebagian MRT dapat beroperasi pada 2019. 

"Saya lihat progresnya cepat sekali. Kalau boleh saya sampaikan, pada 2019, dari Lebak Bulus hingga Hotel Indonesia ini sudah selesai," kata Jokowi ketika memberikan keterangan di lokasi proyek MRT kawasan Dukuh Atas.

Jokowi melanjutkan, panjang jalur MRT dari Lebak Bulus sampai Hotel Indonesia kurang-lebih 15,7 kilometer dengan lama perjalanan diperkirakan sekitar 30 menit. Waktu tempuh ini jauh lebih cepat dibandingkan menggunakan mobil maupun sepeda motor. Ia mengatakan perjalanan selama 30 menit menggunakan mobil atau sepeda motor pada kondisi normal dari Lebak Bulus hanya bisa menjangkau kawasan Pondok Indah, Jakarta Selatan.

Presiden memastikan, ke depan, ia akan rutin mengecek perkembangan proyek MRT. Ia mengatakan perkembangan pembangunan proyek MRT harus terus dipantau agar berjalan sesuai harapan.

Saat memantau proyek MRT pagi ini, Jokowi ditemani Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama, Menteri Badan Usaha Milik Negara Rini Soemarno, Menteri Perhubungan Budi Karya, serta Menteri Pekerjaan Umum Basuki Hadimuljono. Presiden Joko Widodo meninjau proyek MRT ini hingga ke titik terbawah yang jaraknya berada pada kedalaman 35 meter di bawah permukaan tanah.

Selama di titik terbawah, Presiden Jokowi meninjau terowongan MRT yang mengarah ke Bundaran Hotel Indonesia, Jakarta Pusat. Namun, saat berjalan di terowongan, Jokowi hanya ditemani Basuki tanpa diiringi ketiga menterinya.

Berita Terkait

Ahok Klaim Presiden Dukung Proyek Reklamasi Ahok Klaim Presiden Dukung Proyek Reklamasi
Seskab: Golkar Belum Pasti Masuk Kabinet Seskab: Golkar Belum Pasti Masuk Kabinet
Jokowi: Islam Indonesia Demokratis dan Toleran Jokowi: Islam Indonesia Demokratis dan Toleran

#Mass Rapid Transit (MRT) #presiden joko widodo #presiden jokowi #Jokowi dan Ahok #Ahok #Pemprov DKI Jakarta

Ingin informasi lebih, follow dan Like

Komentar