FOTO: Nikmatnya Aroma Klasik Kopi Banaran

Arah - Indonesia telah lama dikenal dunia sebagai salah satu produsen kopi kualitas terbaik. Berdasarkan data Kementerian Perindustrian dua tahun terakhir, Indonesia mampu memproduksi biji kopi sebesar 685 ribu ton atau 8,9 persen dari produksi kopi dunia dengan komposisi 76,7 persen kopi robusta dan 23,3 persen kopi arabika.

Perkebunan dan pengolahan kopi saat ini tersebar di berbagai daerah di Indonesia, salah satunya di Kabupaten Semarang. Di kabupaten tersebut terdapat lahan seluas sekitar 400 hektare di Bawen, Kabupaten Semarang, milik PT Perkebunan Nusantara (PTPN) IX yang subur ditanami tanaman kopi robusta. Dalam setahun kebun tersebut rata-rata mengalami satu kali masa panen sepanjang Juli-November.

Baca Juga:

Melihat Sejarah Cita Rasa Kopi Dunia

Kilau Berlian di Amsterdam

Soal Penyadapan yang Disebut SBY, Polri Sebut Masih Dugaan

Setiap musim panen tersebut ratusan buruh yang berasal dari daerah-daerah di sekitar kebun memetik biji-biji kopi pilihan. Selanjutnya, biji-biji kopi basah diolah menjadi biji-biji kopi panggang dan serbuk kopi di pabrik milik PTPN IX yang terletak di Banaran, Semarang.

Berdiri sejak 1911, Pabrik Kopi Banaran terus bertahan menjadi salah satu pemasok kopi berkualitas khas Nusantara. Awalnya pabrik tersebut hanya memproduksi biji-biji kopi panggang, tetapi kini juga mengembangkan produksinya juga menjadi minuman kopi serbuk premium dalam kemasan untuk dapat lebih menarik pasar.

Dengan menggunakan mesin-mesin tua keluaran awal tahun 1900-an, Pabrik Kopi Banaran termasuk menjadi andalan PTPN IX yang tiap harinya memproduksi 35,60 ton per hari. Hasil produksinya juga untuk pasar ekspor ke Italia, Jepang, Taiwan dan Hongkong. (Foto dan Teks: Aditya Pradana Putra)

Berita Terkait

Ngetwitt Lagi, SBY Serang Penyebar 'Hoax' yang Kian Merajalela Ngetwitt Lagi, SBY Serang Penyebar 'Hoax' yang Kian Merajalela
Jelang Debat Cagub DKI, Ini yang Jadi Fokus Anies Baswedan Jelang Debat Cagub DKI, Ini yang Jadi Fokus Anies Baswedan
Usut Suap Reklamasi, KPK akan Panggil Plt Gubernur DKI Jakarta Usut Suap Reklamasi, KPK akan Panggil Plt Gubernur DKI Jakarta

#Jakarta #Kopi Indonesia #Kopi Banaran #PT Perkebunan Nusantara (PTPN) IX #semarang

Ingin informasi lebih, follow dan Like

Komentar