Seniman Grafiti '281 Antinuke' Luncurkan Stiker Protes Trump

Arah - Seniman grafiti Jepang "281 Antinuke" meluncurkan street art terbaru dengan medium stiker bermuatan politik yang terpampang di sekitar pusat kota Tokyo dengan tema kekhawatiran akan pemerintahan Presiden AS, Donald Trump.

Di tengah kehidupan malam yang ramai di Shibuya, lokasi belanja dan hiburan utama di Tokyo ini, para artis stiker menangani isu-isu sosial untuk ditempelkan pada tiang lampu dan dinding untuk menarik perhatian orang yang lewat.

Baca Juga:

Pooh, Kucing Lucu Berkaki Bionik yang Butuh Rumah Baru. Minat?

FOTO: Nikmatnya Aroma Klasik Kopi Banaran

Postingan terbarunya menargetkan pernyataan kontroversial yang dibuat oleh Trump tentang perempuan dan kelompok minoritas selama kampanye 2016.

Stiker menunjukkan sosok menyerupai presiden AS berdiri di antara tokoh-tokoh berjubah putih, yang melambangkan anggota kelompok supremasi kulit putih Ku Klux Klan, ucapnya kepada Reuters Television dalam sebuah wawancara baru-baru ini.

"Seni saya diproduksi dari rasa takut apa yang mungkin terjadi kepada Jepang karena pemimpin mengerikan," kata 281 Antinuke.

Trump "mengatakan hal supremasi kulit putih, hal-hal yang lebih dari Amerika awal," lanjutnya.

Mengenakan kacamata hitam dan masker bedah putih, 281 Antinuke menolak untuk memberikan namanya atau mengungkapkan wajahnya, ia mengatakan takut akan pembalasan atas pandangan politik yang terkandung dalam seni yang dibuatnya.

Graffiti juga dihukum dengan hukuman berat, meski disukai oleh masyarakat Jepang.

Banyak dari karya seni sebelumnya 281 Antinuke mengkritik tenaga nuklir, terinspirasi setelah 11 Maret 2011 gempa bumi dan tsunami yang menyebabkan kehancuran di pabrik nuklir Fukushima.

Artis ini mengatakan lebih memilih stiker politik. Karya lainnya pernah mengkritik Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe.

Di jalan-jalan sibuk Shibuya, orang-orang terlihat berhenti untuk melihat-lihat. Awalnya terlihat bingung dengan stiker anti-Trump tersebut.

"Kesan pertama saya adalah bahwa mereka sulit untuk mengerti, tetapi setelah saya mendapatkan konteks itu, itu sangat ekspresif sebagai bentuk seni," kata warga Tokyo, Manato Kato. (Reuters)

Berita Terkait

Donald Trump Suarakan Islam Radikal, Indonesia Tak Perlu Tersudut Donald Trump Suarakan Islam Radikal, Indonesia Tak Perlu Tersudut
Soal Kebijakan Trump, Indonesia Akan Gandeng Negara Islam Soal Kebijakan Trump, Indonesia Akan Gandeng Negara Islam
Bukan Cuma Politik, Kebijakan Trump Bisa Perburuk Ekonomi Dunia Bukan Cuma Politik, Kebijakan Trump Bisa Perburuk Ekonomi Dunia

#Jakarta #Seniman Jepang 281 Antinuke #Seniman Jalanan #Street Art #Kebijakan Donald Trump #Donald Trump

Ingin informasi lebih, follow dan Like

Komentar