FOTO: Libya Cegat Migran di Perairan Sabratha

Arah - Penjaga pantai Libya mencegat setidaknya 1.131 migran dekat kota barat Sabratha selama seminggu ini, kata juru bicara, Sabtu.

Ayoub Qassem mengatakan 431 migran telah dicegat menggunakan empat perahu karet lepas pantai Sabratha pada hari Kamis dan sekitar 700 orang telah dijemput pada 27 Januari dari tiga kapal kayu di daerah yang sama.

Baca Juga:

Seniman Grafiti '281 Antinuke' Luncurkan Stiker Protes Trump

1.300 Imigran Diselamatkan dari Laut Tengah

"Para migran ilegal dari berbagai negara sub-Sahara dan termasuk sejumlah besar perempuan dan anak-anak," kata Qassem.

Mereka dicegat pada 27 Januari juga termasuk pendatang dari Suriah, Tunisia, Libya dan wilayah Palestina, katanya, dan penyelundup berusaha menghalangi para penjaga pantai dari mengambil orang-orang pendatang dari kapal mereka.

"Smugglers telah mencoba untuk menggagalkan proses penangkapan dengan melepaskan tembakan ke penjaga pantai kami, tapi para penjaga pantai melawan kembali dan memaksa para penyelundup untuk mundur."

Libya telah menjadi titik utama keberangkatan untuk migran yang mencoba menyeberangi Mediterania dengan perahu ke Eropa sejak rute antara Turki dan Yunani sebagian besar tertutup tahun lalu.

Penyelundup manusia umumnya tenggelam sebelum mereka ditemukan oleh kapal penyelamat yang dioperasikan oleh misi angkatan laut Uni Eropa dan organisasi non-pemerintah. Lebih dari 4.500 meninggal saat mencoba menyeberangi lautan tahun lalu.

Penjaga pantai Libya mengirimkan migran kembali ke pusat penahanan namun kelompok-kelompok hak asasi memprotes karena kondisi yang tidak manusiawi dan pelanggaran yang luas. (Reuters)

Berita Terkait

1.300 Imigran Diselamatkan dari Laut Tengah 1.300 Imigran Diselamatkan dari Laut Tengah
Dituding Keliru Oleh Sylviana Murni, Ini Balasan Polri Dituding Keliru Oleh Sylviana Murni, Ini Balasan Polri
Bertemu Kapolri, Henry Yosodiningrat Akan Lapor Habib Rizieq? Bertemu Kapolri, Henry Yosodiningrat Akan Lapor Habib Rizieq?

#Jakarta #Migran #Imigran Gelap #Imigran #Libya

Ingin informasi lebih, follow dan Like

Komentar