FOTO: Badai dan Longsor Salju di Afghanistan Puluhan Orang Tewas

Arah - Di Afghanistan Timur, setidaknya 50 orang tewas dan puluhan lainnya hilang pada hari Minggu setelah salju dan longsor mengubur sebuah desa di Nuristan, kata gubernur provinsi Hafiz Abdul Qayum.

"Berdasarkan informasi dari pejabat kabupaten, 50 mayat telah ditemukan dan jumlahnya dapat meningkat," katanya.

Baca Juga:

FOTO: Gadis Afghanistan Melawan Prasangka dengan Seni Bela Diri

FOTO: Nikmatnya Aroma Klasik Kopi Banaran

Setidaknya lima kematian lainnya dari atap runtuh dilaporkan di tempat lain di Nuristan.

Di provinsi utara Badakhshan, selama dua hari terakhir sebanyak 19 orang tewas dan 17 terluka oleh longsoran, runtuhnya atap dan kecelakaan di jalan, kata Naweed Frotan, juru bicara gubernur provinsi.

Pemerintah bekerja untuk mencapai setidaknya 12 kabupaten di Badakhshan yang telah benar-benar terputus, katanya.

Salju juga menyelimuti ibukota Afghanistan Kabul, di mana pemerintah menutup kantornya pada hari Minggu.

Di negara tetangga Pakistan, sedikitnya sembilan orang, termasuk anak-anak, tewas oleh longsoran salju di distrik Chitral utara, dan sebanyak 14 warga diyakini masih terperangkap di rumah yang roboh, kata pejabat kabupaten Syed Maghferat Shah.

"Sejauh ini petugas penyelamat telah menemukan sembilan mayat dan upaya sedang dilakukan untuk terus mencari," katanya.

Longsoran salju melanda sebuah desa dan menimpa 25 rumah, tetapi operasi evakuasi tertunda oleh cuaca, kata Wakil Komisaris Shahab Hameed Yousafzai.

"Tidak ada cara untuk secepatnya menyelamatkan orang-orang yang terluka ke rumah sakit Chitral karena semua jalan di lembah telah terisolir karena hujan salju," katanya.

Dalam insiden terpisah di wilayah Chitral, seorang pekerja penyelamatan pemerintah, tewas ketika longsoran salju menghantam sebuah pos pemeriksaan dekat perbatasan Pakistan-Afghanistan, kata komandan tersebut kepada Reuters.

Salju mendatangkan malapetaka di jalan-jalan utama di Afghanistan, termasuk Kabul-Kandahar Highway, di mana polisi dan tentara harus menyelamatkan sekitar 250 mobil dan bus yang terjebak oleh badai, kata Jawid Salangi, juru bicara provinsi Ghazni, di mana sebanyak dua meter salju baru dilaporkan.

"Untungnya kami tiba tepat waktu dan tidak ada korban jiwa," katanya, mencatat bahwa para pejabat diharapkan terus membuka jalan dengan cepat.

Utara Kabul juga ditutup salju setebal dua setengah meter, menurut jenderal polisi Rajab Salangi, yang mengawasi daerah tersebut.

"Ini akan tetap diblokir sampai salju dibersihkan dari jalan utama, serta fasilitas yang disediakan guna amannya melakukan perjalanan," katanya.

Berita Terkait

Survei Poltracking: Ahok Tetap Sandang Predikat Cagub Ter... Survei Poltracking: Ahok Tetap Sandang Predikat Cagub Ter...
Djarot Sebut Pedagang Pasar Senen Akan Direlokasi ke Blok V Senen Djarot Sebut Pedagang Pasar Senen Akan Direlokasi ke Blok V Senen
Jelang Debat Cagub DKI, Ini yang Jadi Fokus Anies Baswedan Jelang Debat Cagub DKI, Ini yang Jadi Fokus Anies Baswedan

#Jakarta #Afghanistan #Badai Salju Afghanistan #Badai Salju

Ingin informasi lebih, follow dan Like

Komentar