Yuk, Tengok 'Cantiknya' Amsterdam saat Musim Gugur

Arah - "Goedemorgen...," sapa pesepeda ke para wisatawan, dan mempersilakannya melintas di jalur penyeberangan.

Pagi itu, cuaca Amsterdam sangat cerah, hangatnya mentari membuat dinginnya kota yang dijuluki surga pesepeda itu terasa sejuk. Suhu pada Oktober di kota yang juga mendapat julukan kota kanal ini berkisar 9 derajat hingga 12 derajat celcius. Ya, saat itu, Amsterdam berada musim peralihan dari musim gugur ke musim dingin, jadi tak heran jika warga di sana berpakaian tebal dengan sepatu booth.

Baca Juga:

Kilau Berlian di Amsterdam

Jelang HUT Masjid Istiqlal, Pecinta Alam Bersih-bersih Istiqlal

Gali Terowongan Rel Kereta api di London, Ini yang Ditemukan ...

Diperiksa Sebagai Tersangka di Polda, Habib Rizieq Bawa Tesis S2

Bagi para wisatawan yang berasal dari benua Asia, Amerika, Afrika, Australia atau negara yang berada di Eropa, Amsterdam merupakan salah satu kota yang selalu ramai dikunjungi wisatawan. Pada musim ini, wisatawan dapat menikmati kemuning daun berguguran, hamparan sinar mentari di antara gedung yang mirip dadu serta kanal-kanal yang bersih dari sampah.

"Amsterdam sangat nyaman, semoga Jakarta bisa seperti ini, khususnya sungainya," harap Ardi, salah seorang wisatawan asal Jakarta, Indonesia.

Sejumlah tempat yang menjadi ikon kota menjadi tujuan wajib setiap wisatawan yang ke kota paling bebas di dunia ini, seperti Museum Square, Rijkmuseum, Dam Square dan menyusuri kanal Amsterdam.

Berwisata kota terbesar di Belanda tersebut mengingatkan seakan-akan berwisata di Kota Tua, Jakarta, beberapa bangunan ataupun tata letaknya menyerupai tatanan yang ada di Amsterdam. Tak heran karena memang Jakarta juga dibangun pemerintah kolonial Belanda.

Hubungan historis juga terasa masih terasa di tingkat masyarakatnya, jadi jangan kaget bila ada warga setempat yang menyapa kita dengan bahasa Jawa lama, mereka umumnya orang Suriname turunan Jawa yang sudah menjadi warga dan menetap di Belanda. Beragam barang kebutuhan asal Indonesia, seperti rokok, mi instan, produk makanan hingga kerajinan cukup mudah didapat di gerai-gerai atau toko yang beterbaran di kota yang menjadi markas klub sepak bola Ajax ini. Tak heran jika warga Belanda sangat menghargai wisawatan Indonesia. (Foto dan Teks: Zabur Karuru)

Berita Terkait

Patrialis Akbar Terjaring OTT KPK? Ini Tanggapan MK Patrialis Akbar Terjaring OTT KPK? Ini Tanggapan MK
Blusukan Dipercaya Lebih Pikat Masyarakat ketimbang Hasil Survei Blusukan Dipercaya Lebih Pikat Masyarakat ketimbang Hasil Survei
Perang Berlanjut, Sukmawati Ogah Tanggapi Ajakan Mediasi Rizieq Perang Berlanjut, Sukmawati Ogah Tanggapi Ajakan Mediasi Rizieq

#Jakarta #Amsterdam #Belanda #Musim Gugur

Ingin informasi lebih, follow dan Like

Komentar