Rindu Pulang ke Rumah Kubah Lumpur di 'Desa Sarang Lebah' Aleppo

Arah - Rumah kubah lumpur di desa sebelah tenggara Aleppo yang runtuh akibat perang dan penelantaran setelah bertahun-tahun menjadi ajang pertempuran garis depan antara tentara Suriah dan militan ISIS, menyimpan harapan warganya untuk kembali setelah lama mengungsi di tempat penampungan mereka di Jibreen, Aleppo.

Penduduk Qalayah, adalah salah satu desa dari daerah tersebut yang bersumpah bahwa mereka suatu hari nanti akan kembali ke tanah kelahirannya tersebut.

Baca Juga: Ini Patung Aneh Berusia 7000 Tahun yang Bikin Bingung Arkeolog
Kilas Perjalanan Pilkada Pasangan Agus Yudhoyono - Sylviana Murni

"Kami memiliki domba dan tanah. Kami menjual segala sesuatu ketika kami meninggalkannya. Insya Allah kita akan kembali. Ini desa kami, kami tidak bisa meninggalkannya," kata Abu Mohammed, pria berusia 40 tahun, dengan hiasan kepala tradisional yang dikenakan di atas jubah panjang.

"Desa sarang lebah" biasa orang menyebutnya, karena bentuk kerucut yang khas dari rumah lumpur, telah lama menarik perhatian dunia. Tetapi kini banyak telah ditinggalkan selama gelombang konflik yang telah bergulir di seluruh negeri.

Nasib daerah pedesaan Suriah, kurang mendapat perhatian. Dengan keahlian mereka yang hanya berupa beternak atau bertani, rakyat desa sering kurang mampu beradaptasi dan memulainya kembali dari awal ketika dipaksa menghadapi lingkungan baru.

Tentara Suriah merebut kantong pemberontak terakhir di Aleppo timur pada bulan Desember setelah berbulan-bulan pengepungan dan pemboman intens, memunculkan harapan baru.

Penduduk desa yang hingga kini masih tinggal di zona industri sebagai tempat penampungan di mana genangan air di jalan-jalan berlumpur yang beku saat musim dingin baru-baru ini cukup menyiksa dan tidak layak untuk ditinggali, sementara para balita dengan kaki telanjang terlihat mengejar ayam di antara gudang.

Namun, apakah mereka bisa kembali sesuai harapan mereka akan desanya? Hal ini jelas tergantung pada berapa lama ISIS bisa bertahan di Suriah.

Berita Terkait:

#Aleppo #Jakarta #Krisis Suriah #ISIS #Pengungsi Suriah #Rumah Kubah Lumpur

Berita Terkait

16 WNI yang Ditangkap Densus 88 Sempat Dideportasi Otoritas Turki 16 WNI yang Ditangkap Densus 88 Sempat Dideportasi Otoritas Turki
Bom Turki Tewaskan 60 Warga Sipil di Al-Bab Suriah Bom Turki Tewaskan 60 Warga Sipil di Al-Bab Suriah
Abdul Pengungsi Suriah Penjual Pulpen, Sekarang Jadi Pengusaha Abdul Pengungsi Suriah Penjual Pulpen, Sekarang Jadi Pengusaha

#Jakarta #Aleppo #Pengungsi Suriah #Krisis Suriah #ISIS #Rumah Kubah Lumpur

Ingin informasi lebih, follow dan Like

Komentar