Hanya Dihargai Rp 5,8 Miliar, Rompi Kapten Cook Gagal Dilelang

Arah - Sebuah rompi sutra yang dahulu milik Kapten James Cook, penjelajah laut asal Inggris, gagal dijual pada acara lelang di Sydney, dengan harga penawaran jauh di bawah harapan.

Rompi sutera berusia 250 tahun ini hanya menyentuh pada penawaran 575 ribu dollar AS atau setara Rp 5,8 miliar pada lelang hari Minggu di Sydney, yang sebelumnya dihargai 1,1 juta dolar AS atau lebih dari Rp 11 miliar.

[baca_juga]

Meski demikian, Aalders Lelang mengatakan penawar tertinggi sekarang dalam proses negosiasi dengan pemilik yang menjadi harapan bahwa rompi dari abad ke 18 ini akan tetap berada di Australia, mengingat penawar tertinggi tersebut merupakan warga lokal.

"Ada beberapa item Captain Cook tapi mungkin tidak ada yang signifikan seperti ini," kata Julian Aalders dari Lelang Aalders.

Juru lelang mengatakan, keluarga Cook terus menginginkan rompi tersebut berada di Inggris setelah kematian penjelajah tersebut akibat tikaman pisau di Hawaii pada tahun 1779.

Pada tahun 1912 seorang industrialis Inggris membeli rompi dari seorang pedagang barang antik dan memberikannya kepada seorang pianis Sydney terkenal, Ruby Kaya, yang kemudian diubah agar sesuai untuk seorang wanita, kata Aalders.
Sayangnya, juru lelang mengatakan, Kaya mengenakan pakaian dengan banyak pertemuan sosial dan menumpahkan anggur di atasnya.

Pelelang tidak mengungkapkan identitas penjual, kolektor pribadi tersebut, yang membeli pakaian dari keluarga kaya di Sydney pada tahun 1981.

Berita Terkait

Tiba di Sydney, Jokowi 'Payungan' Sendiri Sejak Keluar Pesawat Tiba di Sydney, Jokowi 'Payungan' Sendiri Sejak Keluar Pesawat
Ngetwitt Lagi, SBY Serang Penyebar 'Hoax' yang Kian Merajalela Ngetwitt Lagi, SBY Serang Penyebar 'Hoax' yang Kian Merajalela
Imbas Kontroversi Donald Trump, Australia Dibuat Bergolak Imbas Kontroversi Donald Trump, Australia Dibuat Bergolak

#Jakarta #Rompi Kapten Cook #Captain Cook #Kapten Cook #Australia #Inggris

Ingin informasi lebih, follow dan Like

Komentar