Pelatih Muda Difabel Bawa Anak Asuhnya Menuju Timnas Garuda

Arah - Ada pemeo dalam olahraga: tidak ada atlet difabel, yang ada adalah atlet; tidak ada pelatih difabel, yang ada adalah pelatih. Setiap orang setara dalam memilih dan memainkan olahraga yang disukainya.

Di Petukangan Selatan, Jakarta, pemuda difabel Candra Wahyu Aji (17) mendirikan Sekolah Sepak Bola (SSB) Putra Garuda Muda. Meskipun Candra memerlukan sepasang tongkat kruk menyangga tubuhnya yang hanya memiliki satu kaki, ia masih bisa melatih sepak bola.

Sejatinya Candra terlahir normal, bahkan pernah lolos seleksi pemain Timnas usia di bawah 14 tahun (U-14). Namun takdir berkehendak lain, saat bertanding melawan klub Singapura tahun 2012 ia mengalami cedera, tulang kakinya retak. Kondisi ini makin diperparah ketika ia diketahui menderita kanker tulang, sehingga harus merelakan kaki kanannya diamputasi.

Baca Juga: Yuk, Tengok Pembuatan Baju Besi untuk Pengawal Paus
Punya Sepatu Butut dengan Bau Menyengat? Ikuti Lomba Ini

Kehilangan sebelah kaki membuat Candra tidak percaya diri. Setahun lamanya ia menutup diri dari lingkungan sosial sampai ia kembali bermain sepak bola sebagai pemilik sekaligus pelatih SSB Putra Garuda Muda.

Lahirnya Putra Garuda Muda berawal dari kepercayaan sepuluh anak-anak belia usia 10 tahun hingga 13 tahun, yang berlatih sepak bola bersama Candra sejak 2015. Jumlah anak yang berlatih kini malah menjadi 25 orang. Meningkatnya kepercayaan para siswa terhadap Candra itu menjadi modal utamanya melatih Putra Garuda Muda.

Meskipun perjalanan kepelatihan Candra baru dimulai, dia telah mengantarkan Putra Garuda Muda meraih enam piala kejuaraan sepak bola. Di masa depan, bisa saja anak-anak Putra Garuda Muda menjadi anggota Timnas Indonesia.

Berita Terkait

Lecehkan Bendera Negara, FPI Harus Rasakan Proses Hukum Lecehkan Bendera Negara, FPI Harus Rasakan Proses Hukum
Hakim MK Adakan Pertemuan, Bahas OTT Patrialis? Hakim MK Adakan Pertemuan, Bahas OTT Patrialis?
KPK Diminta Tuntaskan Kasus Suap Emirsyah, Jika Tidak... KPK Diminta Tuntaskan Kasus Suap Emirsyah, Jika Tidak...

#Jakarta #Sepak Bola Nasional #Pelatih Sepakbola #sepak bola #Sekolah Sepak Bola (SSB) #Sekolah Sepak Bola #difabel

Ingin informasi lebih, follow dan Like

Komentar