Tanaman Antartika yang Bisa Dimanfaatkan Sebagai Tabir Surya

Arah -  Para ilmuwan di Chile telah menemukan molekul pada dua spesies bunga Antartika yang melindungi tanaman dari radiasi matahari dan berpotensi digunakan pada produk seperti tabir surya untuk manusia dan perlindungan bagi tanaman yang rentan terhadap radiasi.

Dikutip Reuters, para peneliti dari Universitas Santiago yang menyelidiki sifat tanaman Antartika yang tumbuh dalam kondisi yang baik, bahwa Colobanthus quitensis (pearlwort) dan Deschampsia antarctica (rumput rambut) dapat mentolerir radiasi ultraviolet tingkat tinggi.

Baca Juga: Begini saat Bumi dan Bulan 'Menari' Bersama di Luar Angkasa
Video Situasi Politik 'Tegang' di Venezuela Jelang Pemilu Kongres

Menurut Survei Antartika Inggris, ini adalah dua tanaman berbunga yang ditemukan di daerah kutub yang dingin, tumbuh di sekitar tepi yang lebih beriklim sedang. Namun, para penrliti mengatakan perubahan iklim dan es yang meleleh semakin meningkat.

Pimpinan dalam proyek penelitian, Gustavo Zuniga mengatakan para ilmuwan telah mengidentifikasi sekelompok molekul pada bunga, terutama Colobanthus, yang bertindak sebagai filter surya dan mencegah kerusakan radiasi.

Universitas tersebut mencari mitra komersial untuk mengembangkan produk spin-off dari penelitian tersebut, katanya.

"Itu bisa digunakan di masa depan yang tidak terlalu jauh," kata Gustavo.

Baca Juga: Begini saat Bumi dan Bulan 'Menari' Bersama di Luar Angkasa
Video Situasi Politik 'Tegang' di Venezuela Jelang Pemilu Kongres

"Sebagai contoh, untuk tanaman yang tidak mentolerir peningkatan tingkat radiasi, informasi genetik dapat digunakan untuk membuat tanaman merespons dengan lebih baik," sambungnya.

Tabir surya alami atau krim juga dapat dikembangkan dengan menggabungkan molekul untuk melindungi kulit manusia dari kerusakan akibat radiasi ultraviolet, tambahnya.

Berita Terkait

Dituding Keliru Oleh Sylviana Murni, Ini Balasan Polri Dituding Keliru Oleh Sylviana Murni, Ini Balasan Polri
Hasil Survei Tidak Netral, Prabowo: Terserah Siapa yang Bayar! Hasil Survei Tidak Netral, Prabowo: Terserah Siapa yang Bayar!
Langsung Orasi Usai Diperiksa, Gema Takbir Iringi Habib Rizieq Langsung Orasi Usai Diperiksa, Gema Takbir Iringi Habib Rizieq

#Tumbuhan #tanaman #Antartika #Jakarta

Ingin informasi lebih, follow dan Like

Komentar