Terowongan Jejak Peninggalan Perang Dunia II yang Terlupakan

Arah - Dalam jaringan peperangan di terowongan yang luas, diukir pada bebatuan yang ada di bawah ibu kota Malta Valletta, terdapat peta memudar sebagai petunjuk Mediterania mengenai peran tempat tersebut dalam mengarahkan pertempuran kunci dalam Perang Dunia Kedua.

Kini, Malta Heritage Trust, kelompok pelestarian non-pemerintah berusaha memulihkan kembali terowongan seluas 28.000 meter persegi (300.000 meter persegi), berencana membuka sebagian besar untuk umum.

Kompleks yang tersembunyi di bawah kota pelabuhan yang indah bertengger di atas tebing laut, dibangun oleh Inggris dan berfungsi sebagai panggung untuk operasi angkatan laut besar. Militer Inggris mengundurkan diri pada tahun 1979 dan komplotan tersebut ditinggalkan selama hampir 40 tahun.

Baca Juga: Nestapa Krisis Politik di Venezuela Kian Memanas
Ketika Narapidana Pentas dalam Ajang Pesta Kesenian

Pasukan Jerman dan Italia membombardir Malta secara intensif sekitar tahun 1940 dan 1942 untuk mencoba menguasai Laut Tengah, namun tidak berhasil memaksa Inggris keluar. Selama Perang Dingin, terowongan digunakan untuk melacak kapal selam Soviet.

Selama bertahun-tahun, air dan kelembaban membuat karat dan jamur menyebar. Beberapa ruangan telah dirusak, namun bekas aparatus militer yang pernah menempati kompleks masih tersisa. Tempat tidur empuk militer, kabel kusut dan telepon analog yang tertutup debu seakan menghiasi sebuah kamar.

Malta Heritage Trust, kelompok pelestarian non-pemerintah, mulai pemulihan dengan multi juta dolar dari situs tersebut pada tahun 2009. (Lubell / Mark)

Berita Terkait

Lihat Kepribadian Dari Jari Manisnya, Hayo Kamu yang Mana? Lihat Kepribadian Dari Jari Manisnya, Hayo Kamu yang Mana?
Inilah Wajah Lucu Dari ‘Anak’ Teletubies Inilah Wajah Lucu Dari ‘Anak’ Teletubies
FPI Bawa Merah Putih Bertulis Bahasa Arab, MUI Merasa Disudutkan FPI Bawa Merah Putih Bertulis Bahasa Arab, MUI Merasa Disudutkan

#arah.com #Perang Dunia (PD) II #Jakarta

Ingin informasi lebih, follow dan Like

Komentar