Sidang ke-15 Ahok Kasus Penistaan Agama

Sidang ke-15 Ahok Kasus Penistaan Agama
  • 19:12
    21 Maret 2017

    Saksi Ahli Minta Hakim Lihat Rekam Jejak Terdakwa

    Keterangan saksi ahli ketiga Djisman Samosir, ahli hukum pidana yang juga dosen Fakultas Hukum Universitas Katolik Parahyangan, Bandung, mengatakan jika seseorang terdapat niat untuk melecehkan suatu agama terlihat dari rekam jejak masa lalunya.

  • 18:57
    21 Maret 2017

    Saksi Ahli Ahok: Fatwa MUI Memicu Permasalahan Semakin Besar

    Ahli Ushul Fiqih IAIN Raden Intan Lampung Ahmad Ishomuddin menyatakan dikeluarkannya sikap dan keagamaan Majelis Ulama Indonesia (MUI) terkait pidato Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) yang menyinggung Surat Al Maidah ayat 51 justru menjadi pemicu masalah semakin besar.

  • 18:17
    21 Maret 2017

    Pengacara Ahok Tolak Usulan Sidang 2 Kali Seminggu

    Pihak pengacara Ahok ajukan keberatan terkait dengan penambahan frekuensi persidangan menjadi dua kali sidang dalam seminggu. Hal ini disampaikan salah satu pengacara, I Wayan Sudirta SH pada persidangan ke-15 kasus dugaan penistaan agama.

  • 16:13
    21 Maret 2017

    NU: Fatwa MUI Tidak Tabayun

    Saksi bernama KH Ahmad Ishomuddin menyebutkan bahwa Majelis Ulama Indonesia (MUI) dalam proses pengeluaran fatwanya terhadap Ahok tidak melakukan kroscek, penyelidikan, dan klarifikasi terlebih dahulu.

  • 13:32
    21 Maret 2017

    Awal Bulan Puasa Persidangan Ahok Rampung

    Majelis hakim menargetkan persidangan kasus dugaan penistaan agama yang digelar di Kementerian Pertanian (Kementan) akan selesai pada awal bulan Ramadhan.

    "Kita sidang tidak boleh lebih dari 5 bulan, kita sudah susun kalender sebelum puasa kita sudah putusan, kita pertimbangkan itu, diusahakan tidak melewati 5 bulan persidangan itu," ujar Dwiarso Budi Santiarto, Ketua Pengadilan Negeri Jakarta Utara, sebelum memulai persidangan di Auditorium Kementerian Pertanian, Jakarta Selatan, Selasa (21/3).

  • 11:00
    21 Maret 2017

    Saksi Bahasa Ungkap Perkataan Ahok di Kepulauan Seribu

    Guru besar Linguistik, Fakultas Ilmu Budaya Universitas Indonesia, Rahayu Surtiati menjadi saksi pertama yang dihadirkan dalam persidangan ke-15 kasus dugaan penistaan agama dengan tersangka BAsuki Tjahaja Purnama atau Ahok.

    Rahayu menyatakan, banyak orang yang menggunakan surat Al-Maidah ayat 51 sebagai alat untuk kebohongan.

  • 10:33
    21 Maret 2017

    Hakim Pertanyakan Maksud Ahok Singgung Al Maidah

    Ahli linguistik Rahayu Surtiati Hidayat mengatakan terdapat enam klausa dalam pidato Ahok yang menyinggung Surat Al Maidah Ayat 51.

    Pernyataan itu dilontarkan Rahayu menanggapi pertanyaan Ketua Majelis Hakim Dwiarso Budi Santiarto dalam sidang ke-15 Ahok di Auditorium Kementerian Pertanian, Jakarta, Selasa (21/3/2017).

  • 10:00
    21 Maret 2017

    Baju Kotak-Kotak Penuhi Ruang Persidangan

    Persidangan ke-15 kasus penista agama yang menjerat calon Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok di ruang persidangan dipenuhi massa pendukung Ahok yang mengenalan baju khas kotak-kotak.

  • 08:08
    21 Maret 2017

    Saksi Ahli Ini Sempat Berpihak ke Jaksa

    Usai pemeriksaan saksi ketiga, Fajrun yang juga teman masa kecil terdakwa Basuki Tjahaja Purnama (Ahok), majelis hakim memutuskan untuk memeriksa ahli hukum pidana yang merupakan profesor dari fakultas hukum UGM Yogyakarta Edward Omar Sharif Hiariej.

  • 07:04
    21 Maret 2017

    Saksi Ahlinya di Pihak Ahok, JPU: Saya Enggak Suka

    Ketika ahli hukum pidana Universitas Gadjah Mada (UGM) Edward Omar Sharif Hiariej selesai memberikan kesaksian di depan pengadilan, tim jaksa penuntut umum (JPU) memutuskan untuk tidak bertanya.

  • 06:02
    21 Maret 2017

    Kyai NU Ini akan Menjadi Saksi Ahli untuk Ahok

    Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok esok hari akan kembali menghadapi kursi pesakitan. Dalam sidang ke-15 dugaan kasus penodaan agama tersebut, kuasa hukum Ahok akan menghadirkan tiga saksi ahli, salah satunya seorang kyai dari Nadhlatul Ulama (NU).