Debat Final Pilkada DKI Putaran Kedua

Debat Final Pilkada DKI Putaran Kedua
  • 22:36
    12 April 2017

    Anies: Reklamasi Banyak Merugikan Jakarta

    Pembangunan reklamasi teluk Jakartatidak lepas dari kontroversi, untuk itu Pasangan Calon (Paslon) nomor urut tiga, Anies Baswedan-Sandiaga Uno tegaskan menolak proyek tersebut.

    Bahkan melalui pemaparannya, Sandi menegaskan telah menggandeng MenteriPerikanan dan Kelautan, Susi Pudjiastuti dalam meningkatkan kesejahteraan nelayan.

    "Saya pernah invest di pengolaan perusahaanikan, saya ingin kerjasama, kami akan kolaborasi dengan ibu susi meningkatkan kehidupan nelayan," ujar Sandi di HotelBidakara, Jakarta, Rabu (12/4).

  • 22:13
    12 April 2017

    Ditanya Djarot, Sandiaga: KUA Apa Ya Pak?

    Debat Pilgub DKI memasuki segmen empat, dalam segmen ini Cawagub masing-masing pasangan calon (paslon) saling mengajukan pertanyaan.

    Ketika Cawagub nomor urut dua, Djarot Saiful Hidayat melontarkan pertanyaan soal bagaimana mengelola KUA dan DPA, Sandiaga Salahudin Uno justru bertanya balik.

    "Wakil gubernur bukan sekedar ban serep, dalam menyusun KUA dan DPA diperlukan rapat, bagaimana mengelola ini?," tanya Djarot.

    "KUA apa ya pak?," jawab Sandi sambil tersenyum


  • 21:59
    12 April 2017

    Ahok: Kami Sudah Gratiskan Naik Bus

    Kedua pasangan calon mendapat pertanyaan dari perwakilan Komunitas transportasi, Daryono bertanya bagaimana caranya agar masyarakat yang memiliki gajirendah dapat menggunakan moda transportasi umum.

    Selain itu, Daryono juga bertanya bagaimana agar warga dapat tertarik menggunakan transportasi umum.

    Menanggapi hal itu, calon gubernur DKI JakartaBasuki Tjahaja Purnama atau Ahok mengatakan sejak dua tahun terakhir ia selalu meminta warga untuk menggunakan e-ticket sebagai salah satu kemudahan dalam menggunakan transportasi umum. Selain itu, bagi para pekerja dapat mendaftarkan gaji mereka yang dibawah UMP agar dapat menikmati layanan Transjakarta secara gratis.

    "Kami sudah gratiskan naik bus. Misal gajidibawah UMP tinggal lapor di bank DKI, itu kami gratiskan," kata Ahok.

  • 21:40
    12 April 2017

    Atasi Masalah Kesehatan, Anies Sediakan Tenaga Medis Keliling

    Calon Gubernur DKI Jakarta nomor pemilihan tiga Anies Baswedan berjanji akan menyediakan tenaga medis keliling guna menjaga kesehatan masyarakat Jakarta.

    Hal itu diungkapkan Anies saat mendapat pertanyaan dari moderator debat terkait dengan permasalahan penyelesaian kesehatan di Jakarta.

    Bukan hanya tenaga medis yang datang untuk memeriksa kesehatan warga tapi juga memastikan lingkungan warga sama sehatnya.

    "Ketika kita bertugas fokus kita kesehatan warga dan lingkungan, kita akan rekrut tenaga medis berkeliling di kampung-kampung bukan hanya warga tapi lingkungan sehat," tegas Anies di Hotel Bidakara, Jakarta, Rabu (12/4/2017).

  • 21:38
    12 April 2017

    Sandiaga Yakinkan Keraguan Djarot Soal OK OCE Mart

    Calon Wakil Gubernur nomor pemilihan tiga Sandiaga Uno menepis keraguan Cawagub nomor urut dua, Djarot Saiful Hidayat soal pembentukan OK OCE Mart dalam membantu masyarakat mengembangkan usahanya.

    Melalui debat pamungkas, Djarot meragukan dengan modal Rp200 juta membangun OK OCE Mart. Djarot menilai angka tersebut terlalu tinggi untuk diwujudkan.

    Namun, Sandi melalui tanggapannya dengan tegas menepis keraguan Djarot, Pengusaha PTSaratoga Investama itu mengatakan selama dibentuk bulan Desember lalu, program OK OCE sudah menyedot peserta sebanyak 12 ribu orang.

  • 21:27
    12 April 2017

    Ada OK Otrip, Anies Jamin Kesejahteraan Sopir Angkot di Jakarta

    Calon Gubernur DKI Jakarta nomor pemilihan tiga Anies Baswedan memastikan dengan program OK Otrip subsidi yang diberikan pemerintah DKI tidak hanya dimiliki TransJakarta, melainkan juga moda transportasi lain.

    Sehingga, nantinya seluruh moda transportasi akan terintegrasi yang sama rata antara moda transportasi dan penetapan tarif bisa ditekan hingga Rp5 ribu untuk semua rute dan pembiayaan.

    "Subsidi yang kita berikan bukan hanyaTransJakarta tapi untuk seluruh transportasi, kalo hari ini yang banyak terima TransJakarta, pemerintah akan tanggung ongkos," ujar Anies di Hotel Bidakara Jakarta, Rabu (12/4).

  • 21:15
    12 April 2017

    Langkah Ahok Bantu Pelaku UMKM di DKI Jakarta

    Pada segmen kedua perwakilan dari komunitas UMKM, Hermawati bertanya tentang masalah permodalan dan terobosan apa yang akan dilakukan kedua pasang calon gubernur dan wakil gubernur.

    Cagub Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok mengatakan sejak dua tahun terakhir pemerintah provinsi DKI Jakarta selalu menyarankan agar pelaku UMKM membukarekening bank DKI agar pemerintah dapat mengetahui arus kas perbankan sehingga dapat memberikan peminjaman modal.

    "Tapi masih banyak yang belum buka rekeningbank DKI. Jadi kita tidak tahu arusnya," kata Ahok di Hotel Bidakara, Jakarta, Rabu (12/4).

  • 21:00
    12 April 2017

    Ditanya Jaminan Kesehatan Warga, Ini Jawaban Jitu Ahok-Djarot

    Pada segmen kedua, pasangan Calon Gubernur dan Calon Wakil Gubernur DKI JakartaBasuki Tjahaja Purnama (Ahok)-Djarot Saiful Hidayat mendapat pertanyaan bagaimana agar warga Jakarta mendapatkan jaminan kesehatan.

    Moderator Ira Koesno mengatakan Jakartamasih kurang sanitasi dan jamban, termasuk banyaknya area dilarang merokok yang masih diindahkan masyarakat.

    "Sanitasi belum ada jamban sehat. 70 persenmelanggar perda dilarang merokok. Bagaimana anda menyelesaikan masalah ini?," tanya Ira.

    Djarot pun menjelaskan bahwa pihaknya telah melakukan empat langkah utama. Pertama adalah program Ketuk Pintu Layani Dengan Hati.

    "Petugas yang datang akan cek kesehatanwarga," kata Djarot.

    Kedua, untuk pembangunan sanitasi yang baik adalah dengan program Bedah Rumah. Ketiga,Ahok-Djarot akan berusaha mengefektifkan dasa wisma yang dikerjakan oleh ibu-ibu PKK.

    "Kami punya data yang valid untuk meningkatkan derajat kesehatan mereka," klaim Djarot.

  • 20:44
    12 April 2017

    Bagaimana Ahok-Djarot Jaga APBD Dari Oknum DPRD?

    Pada segmen pertama debat Pilkada, moderator Ira Koesno bertanya kepadapasangan calon gubernur Basuki Tjahaja Purnama-Djarot Saiful Hidayat bagaimana mereka menjaga APBD DKI dari beberapa oknum DPRD yang kadang meminta kompensasi agar proyek pemerintah dapat berjalan.

    Ahok sapaan Basuki awalnya menjelaskan mereka pernah mengalami hal demikian pada tahun 2015. Menurutnya pemerintah harus transparan dalam menggunakan APBD karena banyak masyarakat yang tidak merasakan hasil dari APBD.

    "Situasi sekarang tidak mungkin belanja yg tdk perlu. APBD banyak tapi masyarakat tidak merasakan," kata Ahok, di Hotel Bidakara, Jakarta, Rabu (12/4).

  • 20:31
    12 April 2017

    PDIP: Debat Kali Ini Menguntungkan Ahok-Djarot

    Politikus Partai Demokrasi IndonesiaPerjuangan, Maruarar Sirait menilai debatkandidat sangat memberi keuntungan kepada jagoannya, Basuki Tjahaja Purnama (Ahok)-Djarot Saiful Hidayat di Pilkada DKI Jakarta

    Kata Maruarar, masyarakat DKI Jakarta sangat melihat pentingnya debat untuk menilai calon pemimpinnya.

    "Jadi dari awal pasangan nomor dua, Ahok-Djarot sangat menghargai debat. Kalau adadebat selalu hadir. Karena masyarakat Jakartaadalah masyarakat yang rasional, yang objektif, beda pidato dengan debat," ujar Maruarar diHotel Bidakara, Tebet, Jakarta Selatan, Rabu (12/4/2017) malam.

  • 20:30
    12 April 2017

    Ini Solusi Anies Hadapi Oknum DPRD Hambat RAPBD

    Pasangan calon nomor pemilihan tiga Pilkada DKI Jakarta 2017 Anies Baswedan danSandiaga Uno mengatakan dalam rangka penyusunan Rancangan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (RAPBD) akan membangun komunikasi dan transparansi antara gubernur dan DPRD.

    Hal itu ditegaskan Anies dalam debat kandidat final putaran dua menjawab pertanyaan yang disampaikan Moderator, Ira Koesno soal cara mengatasi macetnya pembahasan anggaran di DPRD lantaran ada oknum tertentu yang memiliki kepentingan.

    "Yang sering terjadi bukan soal perdebatan kepentingan satu dua orang, itu ada dimana-mana di parlemen manapun, kami justru nanti akan dekati DPRD bicara baik-baik, tidak mengorbankan fisik, sampaikan kepada publik tanpa merendahkan siapa pun," ujar Anies diHotel Bidakara, Jakarta, Rabu (12/4).

  • 19:37
    12 April 2017

    Bakal Diserang Soal Reklamasi Saat Debat, Ini Jawaban Timses Ahok

    Ketua tim sukses pasangan calon gubernur dan wakil gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama-Djarot Saiful Hidayat, Prasetyo Edi Marsudi yakin program reklamasi akan menjadi bahan yang akan ditanyakan dalamdebat nanti malam, termasuk juga diserang olehpasangan calon Anies-Sandi.

    Meski demikian, Prasetyo mengaku tidak terlalu mempermasalahkan hal itu karena menurutnya izin prinsip reklamasi ada sejak zaman PresidenSoeharto dan merupakan program pemerintah pusat. Pemerintah provinsi DKI Jakarta hanya menjalankan izin tata ruang.

    "Nggak ada masalah, ini kan bukan kerjaan DKI Jakarta. Ini perintah dari pada perpres. Ini zamannya Pak Harto, SBY (Susilo Bambang Yudhoyono) , itu kan tanda tangan. Jadi ini kita diperintahkan, kita cuma mengatur masalah tata ruangnya, tidak izin reklamasi," kata Prasetyo di hotel Bidakara, Pancoran, Jakarta Selatan, Rabu (12/4).

  • 19:00
    12 April 2017

    Anies Ajak Istri dan Ibu Nonton Debat Terakhir

    Calon gubernur DKI Jakarta nomor pemilihan tiga Anies Rasyid Baswedan mengaku lebih banyak istirahat dan tidur siang  jelang hadapi debat pamungkas pada putaran kedua Pilkada DKI Jakarta 2017 nanti malam.

    "Lebih rileks, nggak ada belajar apalagi simulasi, nggak ada. Seperti biasanya, ngobrol. Saya seperti biasanya kalau mau debat malah tidur siang. Kita lebih banyak istirahat hari ini," ujar Anies saat dihubungi, Rabu (12/4).

    Pada debat sebelumnya, Anies terlihat mengajak sanak keluarga seperti ibunda Anies, istri, sampai anaknya. Tak berbeda dengan debat nanti malam, mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan itu kembali akan mengajak keluarga melihat langsung debat resmi yang digelar oleh KPUD DKI Jakarta.

    "Nanti Istri ibu juga (diajak). Itu aja, anak-anak kan belum bisa milih jadi nggak ikut. Yang sudah bisa milih ikut," tutur Anies.

  • 19:00
    12 April 2017

    Jadi Sasaran Debat, Begini Komentar Warga Jakarta

    Sejauh ini masyarakat DKI Jakarta sudah melihat pelaksanaan debat selama tiga kali ini. Malam ini merupakan debat pamungkas untuk calon gubernur dan wakilnya menjual program kerjanya.

    Lalu bagaimana sikap masyarakat melihat debat Pilkada DKI Jakarta 2017 ini? 

    Salah satunya warga Jakarta asal Lebak Bulus, Sitorus (60), dirinya sepakat dengan proses debat. Namun ia merasa debat kali ini masih terjadi saring serang.

    "Kalau debat kaya gitu, jangan pakai marah," ujarnya kepada arah.com, Rabu (12/4/2017).

    Sementara itu, Hera warga Matraman mengatakan, debat menjadi ajang konfirmasi antara kedua pasangan calon.

  • 18:30
    12 April 2017

    Seperti Ini Komunitas yang Akan Dihadirkan KPU Dalam Debat

    Komisioner KPU DKI Betty Epsilon Idroos tidak menyebut secara gamblang komunitas yang akan dihadirkan dalam debat nanti malam.

    Komunitas yang dihadirkan nantinya dapat bertanya kepada pasangan calon gubernur dan wakil gubernur pada segmen tiga dan empat.

    Betty hanya menyebut dari lima isu permasalahan yang akan dihadirkan pada debatini ada 15 orang dari tiap isu atau komunitas. Total 75 orang dari komunitas yang ada.

    "Kan ada lima isu, semua dari isu itu kita undang untuk menjadi bagian dari perhelatan hari ini ada 15 orang setiap isu yang kita undang, jadi total ada 75 orang," kata Betty di hotel Bidakara, Pancoran, Jakarta Selatan, Rabu (12/4/2017).

  • 18:13
    12 April 2017

    Jelang Debat, Apa Persiapan Ahok?

    Calon gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok mengaku melakukan sejumlah persiapan beberapa jam sebelum debat Pilkada DKI 2017 nanti malam.  Ditemui di Jalan Proklamasi, Menteng, Jakarta Pusat, Ahok mengaku berlatih urutan siapa yang akan menjawab terlebih dahulu antara dirinya dan wakilnya Djarot Saiful Hidayat.

    Dia juga percaya diri dengan tema termasuk konten debat nanti malam.

    "Ya latiannya kira-kira seperti apa, urutan nanyanya seperti apa. Kalo soal isi kita udah tau, konten udah tau," kata Ahok, Rabu (12/4).

  • 18:03
    12 April 2017

    Debat Pamungkas Pilkada DKI, Djarot: Mohon Doa Restunya

    Calon wakil gubernur DKI Jakarta Djarot Saiful Hidayat memohon doa kepada masyarakat jelang debat yang diselenggarakanKPUD DKI malam ini.

    "Doanya saja," kata Djarot singkat di hotel Bidakara, Pancoran, Jakarta Selatan, Rabu (12/4).

    Bahkan, ketika ditanya apakah ia sempat berdiskusi dengan pasangannya Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok, Djarot mengatakan hanya sebatas pembagian tugas.

    "Ya diskusi pembagian tugas aja. Kan sudah terbiasa aja kita, jadi mohon doa restunya aja," ujar Djarot.

  • 17:30
    12 April 2017

    Debat Pilkada DKI Ada Enam Segmen, Ini Isinya

    Komisioner KPU DKI Betty Epsilon Idroos memberikan gambaran debat Pilkada DKI 2017 yang digelar nanti malam. Debat nanti akan dibagi menjadi enam segmen, dimana pada segmen pertama kedua pasangan calon akan mendapat pertanyaan dari panelis setelah moderator Ira Koesno menjelaskan tata tertib debat.

    "Kita tidak akan ada lagi pemaparan visi-misi, jadi langsung mbak Ira memperkenalkan panelis, pasangan calon. Lalu ada satu pertanyaan dari panelis yang ditanyakan oleh mbak Ira," kata Betty di Hotel Bidakara, Pancoran, Jakarta Selatan, Rabu (12/4).

    Pada segmen kedua, panelis akan kembali bertanya kepada pasangan calon dan dilanjutkan pertanyaan dari komunitas. Namun, Betty tidak menyebut komunitas apa yang akan dihadirkan.

    "Segmen kedua satu pertanyaan kembali dari kasus yang disampaikan panelis. Lalu mulai pertanyaan komunitas di segmen kedua," ujarnya.

  • 09:49
    12 April 2017

    Tak Ikuti Jejak Prabowo, Megawati Tetap Temani Ahok-Djarot

    Ketua tim sukses pasangan calon gubernur dan wakil gubernur DKI Jakarta nomor urut dua, Prasetyo Edi Marsudi mengatakan, ketua Umum PDI Perjuangan, Megawati Soekarnoputri, akan hadir saat acara debat. Kehadiran Mega adalah untuk memberi dukungan pada Ahok-Djarot.

    "Bu Mega hadir," ujar ketua DPRD DKI Jakarta ini.

    Pras juga memastikan Basuki Tjahaja Purnama (Ahok)-Djarot Saiful Hidayat siap untuk menghadapi debat kandidat Pilkada DKI Jakarta putaran kedua.

    "Apa yang akan ditanyakan, misalnya masalah nelayan, saya rasa Pak Basuki dan Pak Djarot pasti bisa jawab itu. Karena, beliau pelakunya, sebagai petahana, dan sekarang hanya meneruskan program yang dia kerjakan," pungkasnya.

  • 09:07
    12 April 2017

    Tantangan Anies untuk Ahok di Debat Pamungkas

    Pada debat pamungkas nanti malam, calon Gubernur DKI Jakarta nomor pemilihan tiga, Anies Rasyid Baswedan akan unjuk gigi adu gagasan dengan memastikan bahwa program-program yang ditawarkan kepada warga Jakarta bukan sekedar program kampanye.

    "Program sudah di bicarakan semua, kita akan tunjukkan bahwa solusi untuk warga Jakarta, dan solusi atas kenyataan di tempat ini, jadi kita mau memastikan bahwa ini bukan sekedar trobosan, ini adalah solusi, karena yang dibutuhkan di Jakarta adalah solusi," ujar Anies Baswedan di Kampung Akuarium, Jalan Pasar Ikan, Penjaringan, Jakarta Utara, Selasa (11/4/2017).

    Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan itu justru menyinggung program tentang penyediaan hunian untuk warga Jakarta miliknya diadopsi oleh pesaingnya pada Pilkada DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama (Ahok).

    "49 persen warga Jakarta tidak punya rumah sendiri, jadi kami dari awal sudah bilang ini problem. Sekarang petahana punya program, sudah lima tahun nih menjabat, tapi selama ini enggak melihat problem kekurangan kepemilikan rumah, kami dari awal sudah bilang ini masalah," imbuhnya.