Mudik Lebaran Aman dan Nyaman

Mudik Lebaran Aman dan Nyaman
  • 14:10
    19 Juni 2017

    Ini 3 Amanat Jokowi untuk Amankan Idul Fitri 1438 Hijriah

    Di apel Operasi Ramadniya 2017, Kapolri Jendral Tito Karnavian menyampaikan tiga amanat besar Presiden Republik Indonesia Joko Widodo dalam pengamanan Hari Raya Idul Fitri dan mudik Lebaran 2017.

    "Ada 3 hal yang menjadi atensi presiden sebelum bulan puasa lalu, pertama masalah stabilitas bahan pangan," ujarnya dalam apel yang berlansung di lapangan Monumen Nasional (Monas), Gambir, Jakarta Pusat, Senin (19/6).

    Meski bukan menjadi fokus utama kepolisian dalam menurunkan harga, Tito diminta presiden untuk membantu kementerian dan lembaga terkait dalam menjaga stabilitas harga. "Ini agar masyarakat tidak diberatkan," jelasnya.

  • 14:00
    19 Juni 2017

    Dishub Ancam Kandangkan Bus AKAP Tak Laik Jalan

    Dinas Perhubungan DKI Jakarta tidak akan memberikan toleransi kepada bus Antar Kota Antar Provinsi (AKAP) yang tidak laik jalan untuk dioperasikan sebagai angkutan mudik Lebaran.

    "Kami masih memberikan kesempatan kepada pihak PO bus untuk memperbaikinya. Tapi kalau sampai saat arus mudik dimulai, bus itu masih tidak laik operasi, langsung kami kandangkan," kata Kepala Dishub DKI Andri Yansyah di Jakarta, Senin (19/6/2017).

    Pihaknya telah melakukan pemeriksaan kendaraan atau "ramp check" terhadap bus-bus AKAP sejak satu minggu sebelum puasa.

  • 13:50
    19 Juni 2017

    Tekan Kecelakaan Saat Mudik, Polisi Beri Tanda Ini di Tol

    Arah - Selain melakukan berbagai rekayasa lalu lintas agar mudik lebaran 2017 aman dan terkendali, pihak kepolisian juga persiapkan antisipasi kecelakaan yang terjadi di jalur mudik.

    "Jalan-jalan yang di Cipali, tol Cipali ini kecenderungan dia (pemudik) ada beberapa kilometer yang sepi, di situ ada tanggal-tanggal tertentu yang kita akan buat perlambatan," ujar Kepala Korps Lalu Lintas Mabes Polri Inspektur Jendral Polisi Royke Lumowa di Jakarta, Minggu (18/6/2017).

     

  • 13:40
    19 Juni 2017

    Wow.. Ruas Tol Ini Akan Digratiskan Pemprov Jatim Selama Mudik

    Pemerintah Provinsi Jawa Timur mengusulkan tarif ruas jalan tol Waru ke Sepanjang gratis atau dibebaskan biayanya selama arus mudik Lebaran 2017.

    "Kami akan usulkan ke pusat untuk ruas Waru ke Sepanjang untuk dibebaskan selama Lebaran ini, dan semoga disetujui," ujar Gubernur Jawa Timur Soekarwo dilaporkan Antara, Minggu (18/6).

    Ruas Waru-Sepanjang memiliki panjang 2,3 kilometer yang berada di seksi IA bagian jalan tol Surabaya-Mojokerto, dan merupakan jalur operasional sehingga sudah dikenakan tarif sejak diresmikan lalu.

  • 13:30
    19 Juni 2017

    Emergency Saat Mudik, Polisi Gandeng Basarnas Siapkan Helikopter

    Berbagai rencana antisipasi telah disiapkan kepolisian demi mengamankan kegiatan mudik lebaran 2017. Untuk mengantisipasi saat keadaan gawat darurat, polisi bekerjasama dengan Badan SAR Nasional (Basarnas) telah menyiapkan helikopter untuk evakuasi.

    "Basarnas menyiapkan helikopter untuk evakuasi lewat helikopter khusus mengangkut korban-korban atau untuk dalam rangka emergency," ujar Kepala Korps Lalu Lintas Inspektur Jendral Polisi Royke Lumowa di Mabes Polri di Jakarta, Minggu (18/6).

  • 13:20
    19 Juni 2017

    Waspada! BMKG Prakirakan Rob Terjadi Saat Arus Mudik

    Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprakirakan limpasan air laut yang masuk ke darat atau rob akan melanda sejumlah wilayah Pantura Jawa Tengah saat arus mudik Lebaran tahun ini berlangsung.

    Kepala Seksi Observasi dan Informasi BMKG Maritim Semarang, Retno Widyaningsih di Semarang, Minggu (18/6), mengatakan, rob diprakirakan mulai terjadi pada 23 Juni 2017.

  • 13:10
    19 Juni 2017

    Amankan Lebaran, 650 Polisi di Padang Dikerahkan

    Kepolisian Resor Kota (Polresta) Padang, Sumatera Barat, menurunkan 650 personel gabungan dalam Operasi Ramadniya 1438 Hijriah di kota itu.

    "Personel tersebut akan bertugas selama 16 hari yakni sejak H-7 lebaran hingga H+7 setelah Idul Fitri," kata Kapolresta Padang Kombes Pol Chairul Aziz di Padang, Minggu.

    Menurut dia, seluruh personel tersebut berasal dari Polresta Padang, Kodim O312 Padang, Denpom I/4 Sumbar, BPBD Padang, Dishub Padang, Satpol PP, PMI, Pemadam Kebakaran, Basarnas, BMKG, Pramuka, dan Senkom Mitra Polri.

  • 13:00
    19 Juni 2017

    Dinas Perhubungan Jawa Timur Jamin Keamanan Pemudik Kepulauan

    Perhubungan Provinsi Jawa Timur (Dishub Jatim) menjamin keamanan kapal barang atau kargo yang digunakan untuk program mudik gratis bagi warga kepulauan yang digelar oleh pemerintah provinsi setempat.

    Kepala Bidang Perhubungan Laut dan Lalu Lintas Angkutan Sungai Danau dan Penyeberangan Dishub Jatim Nyono mengatakan dari sejumlah tujuan program mudik gratis bagi warga kepulauan, salah satunya terpaksa menggunakan kapal barang, yaitu tujuan Surabaya-Masalembu. Namun dia menjamin keamanan kapal barang yang dipergunakan untuk program mudik gratis tersebut.

  • 12:50
    19 Juni 2017

    Ini Langkah Polres Jaksel Perangi Terorisme saat Idul Fitri

    Sadar kepolisian jadi target teroris di Indonesia, Kapolres Jakarta Selatan Kombes Iwan Setiawan berikan himbauan kepada aparat agar jangan takut dan meminta untuk tingkatkan kewaspadaan, khususnya saat pengamanan Idul Fitri dimana banyak polisi yang turun ke jalan.

    "Walaupun jadi target (teror), saya berharap kita jangan takut dengan kewaspadaan dan kesiapsiagaan kita, saya yakin para pelaku-pelaku teror akan berfikir seribu kali utk melakukan tindakannya," ujarnya dalam amanat apel pasukan OPS Ramadniya 2017 di Polres Jakarta Selatan, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Minggu (18/6).

    Oleh sebab itu, demi mengantisipasi hal yang tidak diinginkan dalam hal ini teror, Iwan meminta aparat kepolisiannya untuk segera lakukan langkah-langkah pertama yakni sterilisasi ditempat yang akan bertugas. 

    "Langkah yang diambil adalah lakukan sterilisasi, lakukan scaning wilayah tempat ditugaskan, pastikan itu aman dari aksi-aksi teror. Sekali lagi ini hal yang penting jangan melakukan apapun kecuali tempat  memastikan tempat penugasan rekan-rekan aman," jelasnya

    Iwan juga mengatakan, jika dikemudian hari dalam proses pelaksanaan pengamanan Idul Fitri 2017 ditemukan sesuatu yang mencurigakan ia meminta rekan kepolisian untuk segera melakukan lokalisir TKP. 

    "Pastikan menemukan hal-hal yang mungkin mencurigakan, rekan-rekan tidak usah melakukan tindakan apapun kecuali melokalisir tempat yg menjadi TKP," terangnya. 

    "TKP diamankan saja dan dilaporkan, nanti ada tim kusus yang melakukan tindakan. Bila perlu lakukan evakuasi, lakukan evakuasi. Sekali lagi jangan melakukan tindakan-tindakan," tandasnya.

  • 12:40
    19 Juni 2017

    Jelang Mudik Lebaran, Pelanggan Jasa Service Kendaraan Meningkat

    Sepekan jelang Lebaran Idul Fitri 1438 Hijriah/2017 layanan jasa perbaikan sepeda motor di sejumlah bengkel di Kota Bogor, Jawa Barat, mula dipadati pelanggan.

    Davin's Bengkel yang terletak di Jalan Semeru, Kota Bogor, Minggu (18/6/2017), tampak dipadati pengguna jasa sejak pagi. Sekitar enam unit motor terpakir menunggu giliran untuk diservice.

    Menurut Andreas (35) pemilik bengkel, layanan service mulai meningkat sejak H-10 lebaran, kebanyakan adalah pelanggan lama.

    "Sudah mulai kewalahan sekarang, mendekati lebaran yang mau service motor lebih banyak," katanya seperti dikutip dari Antara.

  • 12:30
    19 Juni 2017

    Berbahaya, Menhub Akan Larang 'Selfie' di Jalur Mudik

    Banyaknya pemudik yang berselfie saat melewati jalur pintu tol keluar Salatiga seakan membahayakan nyawa mereka maupun orang lain.

    Kegiatan yang menghambat lalu lintas tersebut pun rencananya akan dilarang oleh pemerintah.

    "Tentang pelarangan selfie, saya pikir kita harus dipikirkan satu tatanan tertentu satu kelayakan tertentu, kita akan coba bahasa ya," ujar Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi di Senayan, Jakarta Pusat, Minggu (18/6).

    Banyaknya pemudik yang sengaja keluar mobil hanya untuk berselfie di lokasi tol Salatiga yang berlatar belakang pegunungan menyebabkan perjalanan arus mudik lebaran terhambat.

    Meski mengakui belum mengetahui perihal insiden selfie, namun Budi berjanji pihaknya akan segera membahas terkait pelarangan kegitan selfie di tol dengan latar pemandangan diarea tol yang dapat menganggu arus mudik 2017.

    "Sampai sekarang ini saya belum tahu kalau ada aturan selfie tersebut, tapi kita akan bahas dengan Korlantas karena komando dari mudik lebaran ini adalah Korlantas," tandasnya

  • 12:20
    19 Juni 2017

    Jelang Lebaran, Pemudik Pelabuhan Merak Mencapai 49.680 Orang

    Jumlah penumpang di Pelabuhan Merak, Banten, pada H-8 Lebaran 2017 atau Minggu (18/6) mencapai 49.680 orang dan kendaraan 10.850 unit. Hal itu disampaikan oleh Manager Usaha Pelabuhan ASDP Indonesia Ferry Cabang Merak, Rudy Mahmudi di Merak, Minggu (18/6).

    Seperti dikutip Antara, berdasarkan laporan dari Sabtu (17/6) pukul 20.00 WIB sampai dengan Minggu pukul 08.00 WIB, jumlah pemudik H-8 Lebaran tercatat 49.680 orang terdiri dari penumpang pejalan kaki sebanyak 8.927 orang dan penumpang dalam kendaraan 40.753 orang. Sedangkan, jumlah kendaraan sebanyak 10.850 unit terdiri dari roda dua 4.070 unit dan roda empat lebih 6.784 unit. Saat ini, jumlah penumpang lebaran mengalami peningkatan dibandingkan H-9 atau Sabtu (17/6).

    Kemungkinan penumpang pejalan kaki dan kendaraan yang hendak menyeberang Pelabuhan Bakauheni Lampung terus berdatangan pada malam hingga dinihari, sebab mereka para pemudik lebaran lebih memilih berangkat pada malam dibandingkan siang hari.

    ASDP Merak mengimbau pemudik lebaran lebih baik keberangkatan dilakukan siang hari guna kelancaran lalu lintas. "Kami menjamin semua penyeberangan Merak-Bakauheni berjalan lancar," katanya.

  • 12:10
    19 Juni 2017

    Posko Pengamanan Mudik Sudah Berdiri di Pelabuhan Tanjung Priok

    Kepolisian mulai membuat pos-pos keamanan di tempat-tempat berkumpulnya pemudik, seperti di pelabuhan, terminal, bandara dan stasiun.

    Hal itu tampak di kawasan Terminal Penumpang Nusantara Pura II di Pelabuhan Tanjung Priok. Polisi sudah mendirikan pos keamanan dan informasi mudik Lebaran 2017.

    Perwira Pos Pelayanan Terpadu, Iptu Ramtu menyatakan posko pengamanan dan informasi mudik Lebaran di Terminal Penumpang Nusatara Pura II sudah dibangun sejak Senin (12/6) lalu.

    "Iya ini di bangun untuk mengawasi keamanan di sekitar kawasan terminal penumpang," kata Ramtu kepada Arah.com di Terminal Penumpang Nusatara Pura II, Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta Utara, Minggu (18/6).

  • 12:00
    19 Juni 2017

    Kemenhub Akan Lakukan Buka-Tutup Brexit, Jika...

    Sejumlah strategi dilakukan agar tol Cipali yang masih menjadi primadona pemudik tidak terjadi penumpukkan kendaraan. Tepatnya, di pintu keluar tol Brebes (Brexit) 

    "Brexit yang akan kita kontrol secara ketat bahwasanya Brexit tidak boleh macet," ujar Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi di Senayan, Jakarta Pusat, Minggu (18/6).

    Pada tahun ini kementerian perhubungan akan melakukan buka tutup jalur di Brexit apabila anterian kendaraan sudah mencapai 2 kilometer, selanjutnya pemudik diharapkan mencari alternatif jalan lain seperti jalur selatan atau pantura. 

    "Saya menyarankan apabila sudah terjadi penutupan di Cipali, maka saya sarankan pemudik mengambil inisiatif untuk ke utara atau ke selatan," jelasnya.

  • 11:50
    19 Juni 2017

    Menteri Perhubungan 'Pede' Tragedi Brexit Tak Terjadi Lagi

    Cegah tragedinya Brexit (Brebes Exit) terulang kembali pada mudik Lebaran 2017, Kementerian Perhubungan lakukan berbagai strategi di antaranya melakukan buka tutup di pintu tol Brebes tersebut.

    Strategi buka tutup pintu tol ini nantinya akan menjadi wewenang Kapolda daerah setempat yang merupakan arahan langsung dari Kapolri Jendral Tito Karnavian.

    "Kapolri memberikan suatu direction (arahan) kepada kapolda-kapolda bahwasanya kewenangan untuk membuka tutup tol itu," ujar Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi kepada awak media saat ditemudi di Senayan, Jakarta Pusat, Minggu (18/6).

    Meski telah di bawah wewenang Kapolda daerah setempat, namun pada teknis buka tutup Brexit akan dilakukan langsung oleh 'wasit' yang dikoordinir oleh Korlantas Polri.

  • 11:40
    19 Juni 2017

    Jelang Lebaran Terminal Tanjung Priok Mulai Dipadati Pemudik

    Memasuki sepekan sebelum lebaran Idul Fitri, para pemudik terlihat telah memadati sebagian kawasan Terminal Bus Tanjung Priok. Kepala Terminal Bus Tanjung Priok, Mulya menyatakan bahwa telah terjadi penumpukam pemudik di kawasan terminal bus Tanjung Priok.

    "Iya sekarang sepekan sebelum lebaran sudah terlihat penumpukan, tapi disini tidak bisa menampung banyak bus," kata Mulya kepada Arah.com di Terminal Bus Tanjung Priok, Jakarta Utara, Minggu (18/6).

    Mulya menjelaskan, bahwa kondisi terminal bus Tanjung Priok yang semoit hal ini membuat tidak banyak menampung bus antar kota antar provinsi (AKAP).

    Menurutnya, pihak terminal akan memfokuskan pada bus reguler terlebih dahulu, namun jika terus terjadi penumpukan penumpang akan di perbantukan bus pariwisata dari masing-masing PO bus yang berada di terminal.

    "Kalau terjadi penumpukan, bus pariwisata diperbantukan dari PO bus misalnya Pahala Kencana punya bus pariwisata itu tidak apa-apa kita lakukan ramp cek nantinya," ungkap Mulya.

    Lebih lanjut, Mulya menyatakan tidak terpasangnya stiker pada bus angkutan lebaran, lantaran stiker tersebut terbatas. "Karena stiker itu terbatas jadi tidak semuanya kedapatan, yang penting sudah di cek semuanya," tandas Mulya.

  • 11:30
    19 Juni 2017

    Ini Trik Jitu dapat Kursi saat Ikut Program Mudik Gratis

    Saat jelang Idul Fitri, banyak institusi yang menggelar program mudik gratis untuk masyakarat. Untuk mendapatkan tiket mudik gratis tidak mudah, ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi.

    Nah, berikut ini ada tips dapat kursi di program mudik gratis dari salah satu pemudik yang sudah tiga tahun berturut-turut mendapatkan kursi gratis.

    Dia adalah Ainun Nasikh (27 tahun). Ia sudah tiga tahun mendapatkan kursi gratis di program mudik gratis dari PT Jasa Raharja (Persero).

    Ainun mudik ke Lamongan, Jawa Timur, dengan menggunakan kereta Jayabaya rute Jakarta-Malang melalui program mudik gratis dari Jasa Raharja.

    "Intinya sebelum cari tiket mudik gratis harus banyak cari info. Mau ikut program mudik gratis mana pun sebaiknya cari langsung dari sumber terpercaya seperti situs resmi," katanya ditemui di Stasiun Pasar Senen, Jakarta, Minggu (18/6).

    Pria yang berprofesi sebagai guru sekolah dasar di bilangan Ciputat, Tangerang Selatan, itu mengaku mencari info mudik gratis dari situs resmi Jasa Raharja.

    Terlebih, selama tiga tahun terakhir, ia sukses mendapatkan tiket mudik gratis dari perusahaan asuransi sosial itu.

    Namun, baru kali ini ia mendapatkan mudik gratis dengan menggunakan moda transportasi kereta api.

    "Tips kedua adalah memperkirakan tanggal libur kerja agar bisa menentukan kapan bisa berangkat mudik," katanya.

    Tak lupa Ainun mengingatkan agar calon pemudik menyiapkan berkas-berkas identitas seperti Kartu Tanda Penduduk (KTP) dan Kartu Keluarga.

    "Itu jadi salah satu persyaratannya. Apalagi untuk yang berangkat mudik sekeluarga," tuturnya yang mudik sendirian itu.

    Jasa Raharja dan 27 BUMN lainnya menggelar kegiatan "Mudik Bareng BUMN 2017" ke 84 kota tujuan di Jawa, Sumatera dan Sulawesi dengan menggunakan bus, kereta api, kapal dan pesawat terbang.

    Pemberangkatan mudik gratis Jasa Raharja dengan kereta api berlangsung 17-18 Juni 2017 dari Stasiun Pasar Senen, Jakarta Pusat.

    Perusahaan pelat merah itu juga menyelenggarakan arus balik dengan kereta api dengan pemberangkatan dari Solo, Malang dan Surabaya pada 1 dan 2 Juli 2017.

    Tercatat 4.864 orang turut serta dalam kegiatan mudik dan balik gratis Jasa Raharja pada tahun ini.

    Pemberangkatan mudik gratis dari Jasa Raharja dilakukan lebih awal dari puncak acara Mudik Bareng BUMN 2017 yang rencananya akan dihadiri Menteri BUMN Rini Soemarno pada Senin (19/6) di Taman Mini Indonesia Indah.

  • 11:20
    19 Juni 2017

    ASDP Merak Jual 1.000 Tiket Online

    PT Angkutan Sungai Danau dan Penyeberangan (ASDP) Indonesia Ferry Cabang Merak menyebutkan penjualan tiket online sepanjang Minggu (18/6/2017) telah mencapai 1.000 tiket.

    "Kami menilai saat ini masyarakat banyak membeli tiket online, bahkan dua hari lalu mencapai 5.000 tiket," kata Humas ASDP Merak Mario Sardadi Oetomo, di Merak, Minggu (18/6/2017).

    Selama ini, Pelabuhan Merak melayani penjualan tiket online untuk mengatasi kemacetan maupun penumpukan penumpang.

    Setiap mudik dipastikan akan terjadi lonjakan penumpang pejalan kaki maupun kemacetaan kendaraan di Pelabuhan Merak menuju Bakauheni, Lampung.

  • 11:10
    19 Juni 2017

    Kementerian PUPR Jamin Tidak Ada Lubang di Jalur Pantura

    Dirjen Bina Marga Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan, Arie Setiadi Moerwanto pastikan tidak ada satupun lubang yang ada di jalur mudik Pantai Utara (Pantura).

    "Panturan saya jamin tidak ada lubang," ujarnya di acara diskusi bertajuk 'Stategi Mengurai Arus Mudik dan Upaya Menekan Angka Kecelakaan' di Wisma Kemenpora, Senayan, Jakarta Pusat, Minggu (18/6).

    Meski begitu, Arie menghimbau masyarakat khususnya pemudik sepeda motor agar berhati-hato dengan adanya tambalan-tambalan di jalan yang tidak sehalus dan serata jalan aspal yang asli. "Tambalan itu agar hati-hati," jelas Arie.

    Arie mengatakan bahwa, saat ini kendala hanya ada di jalan Kalimalang yang memang sedang dalam pembangunnan tol Cawang, sehingga berimbas kepada kerusakan jalan.

    Namun saat pemudik sampai di Bekasi hingga ke pantura, Arie memastikan jalan sudah aman terkendali. "Terutama kalimalang, kami upayakan, setelahnya dari Bekasi sampe pantura itu aman sudah kita sisir," tandasnya.

  • 11:00
    19 Juni 2017

    Pemudik Mulai Padati Terminal Pulo Gebang

    Sejumlah pemudik telah mulai memadati Terminal Terpadu Pulo Gebang, Jakarta Timur, Minggu, guna berangkat menuju sejumlah daerah di Indonesia sepekan jelang Idul Fitri 1438 Hijriah/ 2017 Masehi.

    Berdasarkan pengamatan para pemudik memadati loket-loket tiket perusahaan otobus yang siap memberangkatkan pemudik ke berbagai daerah di Indonesia.

    Di sekitar loket penjualan tiket nampak para calon penumpang yang duduk dan sebagian tiduran di lantai dan kursi yang tersedia. Mereka membawa barang bawaan untuk mudik seperti tas, koper, kardus dan karung dengan beragam ukuran mulai dari mini sampai jumbo.

    Mereka duduk dan tiduran untuk menunggu keberangkatan bus sesuai tiket yang mereka beli. Beberapa yang lainnya, menunggu barang bawaan secara bergantian dengan rekan perjalanannya untuk silih berganti melakukan aktivitas selain menunggu bus, seperti untuk ke toilet, membeli sesuatu dan atau melangsungkan shalat wajib di mushola terminal.