Jakarta Darurat Narkoba

Jakarta Darurat Narkoba
  • 10:15
    14 July 2017

    1 Ton Sabu Digagalkan Berati 5 Juta Nyawa Terselamatkan

    Tim gabungan Direktorat Narkoba Polda Metro Jaya dan Polresta Depok berhasil menggagalkan penyelundupan 1 ton sabu dari China. Menko Polhukam Wiranto menyebut keberhasilan polisi itu membuat 5 juta orang terselamatkan.

    "Beliau Presiden memesankan dari dulu kita ini sudah darurat narkoba . Baru hari ini saja sudah dapat dicegah satu ton narkoba dari Banten berarti kita sudah bisa menyelamatkan 5 juta manusia dari ancaman narkoba itu," ungkap Wiranto.


    Wiranto menganalogikan itu karena untuk 1 gram sabu saja, itu dapat membuat 5 orang teler.

    "Karena 1 gram saja sudah bisa bikin 5 orang teler dari satu ton, bayangkan itu," tuturnya.

  • 10:00
    14 July 2017

    Polisi Sita 1.7 Ton Ganja Kering

     Personel polisi gabungan di Aceh mengamankan satu unit truk Colt Diesel yang mengangkut 1,7 ton ganja kering siap edar. Dua pelaku melarikan diri dan masih dalam pengejaran petugas.

    "Telah diamankan satu unit truck Colt Diesel, warna kuning BL 8495 LO, yang berisi ganja kering berjumlah 1754 kilogram atau 105 kotak besar," kata Kabid Humas Polda Aceh, Kombes Goenawan.

    Penangkapan truk pengangkut barang haram tersebut dilakukan di Gampong Gumpueng di depan Masjid Geumpueng Kecamatan Tiro, Pidie, Aceh. 

  • 09:45
    14 July 2017

    Duit Narkoba Juga Dimanfaatkan untuk Pendanaan Teroris

     Menteri Koordinator Politik, Hukum, dan Keamanan Wiranto menyampaikan bahaya dari perdagangan narkotika. Menurutnya, perdagangan narkotika kini semakin berkembang dan terorganisasi.

    "Kejahatan narkotika adalah kejahatan yang terorganisasi dengan berbagai modus operandi yang semakin maju. Kita telah deteksi perkembangan tren yang semakin mengkhawatirkan," kata Wiranto .

    Wiranto menambahkan, perdagangan gelap narkotika saat ini bukan semata untuk kepentingan bisnis. Hasil dari perdagangan narkoba, disebut Wiranto, sudah digunakan untuk pendanaan jaringan teroris.

  • 09:30
    14 July 2017

    Indonesia Baru Mengatur 65 Jenis dari 644 Jenis Narkoba yang Ada

    BNN memperkirakan ada 644 jenis narkoba yang beredar di seluruh dunia. Dari 644 jenis narkoba itu, BNN memperkirakan ada 65 jenis narkoba baru yang beredar di Indonesia.

    "Berdasarkan data yang dikeluarkan dalam World Drugs Report 2016, sejak 2008 sampai 2015 telah terindikasi sebanyak 644 total NPS (new psychoactive substances) yang dilaporkan oleh 102 negara dan 65 jenis baru ini telah masuk ke Indonesia," ujar Kepala BNN Komjen Budi Waseso. 

    Dia menjelaskan, dari 65 jenis narkoba baru yang masuk ke Indonesia, baru 43 yang diatur dalam peraturan Menteri Kesehatan (permenkes)

  • 09:15
    14 July 2017

    Fantastis, 1 Ton Sabu Anyer Bernilai 1.5 T

    Polisi menggagalkan penyelundupan 1 ton sabu dari China ke Anyer, Banten.Kapolda Metro Jaya Irjen Polisi M Iriawan mengatakan 1 ton narkoba jenis sabu yang diamankan di Anyer senilai Rp 1,5 triliun

    "Nilainya Rp 1,5 triliun. Jadi berapa juta manusia bisa diselamatkan oleh tertangkapnya sabu selundupan dari China ini," kata Iriawan di Anyer, Serang.

    Menurutnya, hasil selundupan narkoba ini akan dibawa ke Jakarta dari pantai Anyer, Serang. Sabu yang diamankan dibungkus dalam kemasan-kemasan plastik. 

    Iriawan melanjutkan, sejauh ini polisi belum bisa menyimpulkan keterlibatan warga negara Indonesia di perkara penyelundupan narkoba yang melibatkan WNI asal Taiwan ini. 

  • 09:00
    14 July 2017

    Astaga Pasar Narkoba Indonesia Lebih Menjanjikan dari Negara Lain

    Sabu seberat 1 ton berhasil digagalkan penyelundupannya oleh polisi di Anyer. Kepala BNN Komjen Budi Waseso menilai bandar narkoba mulai pindah ke Indonesia karena faktor penegakan hukum yang keras di Filipina.

    Sebagaimana diketahui, Pemerintahan Filipina sedang gencar-gencarnya memberantas narkoba. Bahkan, Presiden Duterte memerintahkan polisi untuk menembak siapapun yang terindikasi narkoba jika melakukan perlawanan terhadap petugas.

    "Ini hanya satu jaringan yang mengirim 1 ton. Kita belum tahu apakah ini jaringan lama atau baru, karena sekarang dari dampak penegakan hukum di Filipina yang sangat drastis, jaringan-jaringan di Filipina ini sekarang ada di Indonesia dan pasar di Filipina dilempar ke Indonesia," ujar Buwas

  • 08:45
    14 July 2017

    Kemampuan Sindikat Narkoba Melebihi Kecanggihan BNN

     Kepala BNN Komjen Budi Waseso mengatakan jaringan sabu 1 ton di Anyer memiliki teknologi canggih untuk mengelabui petugas. Jaringan ini seharusnya sudah bisa dibekuk 2 bulan lalu, tapi mereka berhasil lolos dari sergapan petugas.

    "Sebenarnya kasus ini 2 bulan yang lalu seharusnya sudah terungkap. Bahkan beberapa bulan lalu kita sebenarnya kebobolan yang lebih besar daripada ini," ujar Buwas

    Buwas mengatakan jaringan ini berhasil lolos karena punya teknologi canggih. Bahkan teknologi itu belum dimiliki oleh BNN dan kepolisian.

  • 08:30
    14 July 2017

    1 Ton Sabu Rencananya akan Diedarkan di Jakarta

    Direktorat Narkoba Polda Metro Jaya dan Polresta Depok berhasil menggagalkan penyelundupan 1 ton sabu di hotel Mandalika, Anyer Kabupaten Serang, Banten. Barang bukti 1 ton sabu itu rencananya akan diedarkan di Jakarta.

    "Nilainya 1,5 T, jadi berapa juta manusia bisa diselamatkan oleh tertangkapnya abu selundupan dari China ini. Kita akan dalami nanti, yang jelas pasti dari sini kemungkinan akan ke Jakarta nanti kita akan dalami," ujar Kapolda Metro Jaya, Irjen M Iriawan, di Kampung Gunung Kopi, Desa Anyer, Kecamatan Anyer, Banten.

    Penggerebekan itu hasil dari pengembangan kasus yang ditangani oleh pihak Polda Metro Jaya. Polisi sudah mengintai selama 2 bulan sebelum akhirnya para pelaku ditangkap.

  • 08:15
    14 July 2017

    Modus Penyelundupan dengan Menyeburkan Sabu Kedalam Laut

    Tim gabungan Direktorat Narkoba Polda Metro Jaya dan Polresta Depok mengungkap penyelundupan sabu sebanyak 1 ton di Pantai Anyer, Serang, Banten. Jaringan tersebut mengelabui petugas dengan menceburkan barang bukti ke laut di bibir pantai.

    "Sekaligus turun dari kapal 1 ton. Jadi untuk mengelabui atau melihat timing yang tepat, barang tersebut dicemplungkan ke dalam laut bibir pantai untuk melihat situasi," ujar Kapolda Metro Jaya Irjen Pol M Iriawan kepada wartawan di Mapolda Metro Jaya

  • 08:00
    14 July 2017

    Polisi Gagalkan Penyelundupan 1 Ton Sabu

    Polisi menggagalkan penyelundupan sabu 1 ton di Anyer, Banten. Pengungkapan sabu yang rencananya akan diedarkan di Jakarta ini merupakan yang terbesar dalam sejarah penindakan narkoba di Indonesia.

    "Ya ini (terbesar di Indonesia), sampai sekarang sekitar 1 ton. Itu jaringan internasional, lewat laut," kata Kadiv Humas Mabes Polri, Irjen Setyo Wasisto.

    Kapolri Jenderal Polisi Tito Karnavian mengapresiasi tim gabungan yang berhasil mengungkap penyelundupan sabu 1 ton di Anyer, Kabupaten Serang, Banten.

    "Saya sampaikan apresiasi karena itu cukup besar. Apresiasi tim penangkap," kata Tito