Stop Bully dalam Pendidikan

Stop Bully dalam Pendidikan
  • 09:30
    17 July 2017

    Universitas Gunadarma Selidiki Aksi Bullying di Kampus

    Universitas Gunadarma telah mengantongi nama-nama mahasiswa yang menjadi pelaku pem-bullyan mahasiswa berkebutuhan khusus. Kejadian ini langsung ditangani pihak kampus.

    "Kita sedang mengumpulkan data-datanya kita coba klarifikasi dari nama-nama yang sudah kita dapat. Saat ini juga sedang ditangani Wadek 3 Fakultas Ilmu Komputer dan Teknologi (FIKTI)," kata Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan Universitas Gunadarma Irwan Bastian

    Diberitakan sebelumnya, video 'lmparan tong sampah maut' beredar luas di media sosial. Dalam video itu, disebutkan salah seorang mahasiswa berkebutuhan khusus diganggu oleh beberapa mahasiswa lain.

    Mahasiswa berkebutuhan khusus itu sedang berjalan sendiri. Tiba-tiba mahasiswa lain mengganggu dia dengan menarik-narik tas punggung yang dipakai korban ke arah belakang. Ada mahasiswa lain yang berada di depan korban dan mendorong ke arah belakang. Di sekitar korban juga ada mahasiwa yang bersorak dan bertepuk tangan.

  • 09:00
    17 July 2017

    Ini Komentar Istana Soal Aksi Bullying di Kampus

    Beredar video seorang mahasiswa berkebutuhan khusus dibully dan ditonton oleh mahasiswa lain di Universitas Gunadarma, Depok, Jawa Barat. Kepala Staf Kepresidenan Teten Masduki menilai, harusnya perilaku seperti itu tidak terjadi lagi, terutama di lingkungan akademik. 

    "Ya, mestinya pem-bully-an itu tidak terjadi lagi," tegas Teten saat ditemui di acara peresmian Akademi Bela Negara (ABN) di kawasan Pancoran

    Teten mengatakan, pihak sekolah atau kampus harus mampu membangun kesadaran bersama di kalangan civitas akademika untuk tidak lagi melakukan bully.

    "Itu wilayah dari sekolah atau kampus, bagaimana membangun kesadaran bersama di kalangan civitas akademika, mahasiswa, kepala sekolah, guru dan siswa, semua untuk tidak lagi melakukan pembulian," katanya.

  • 08:45
    17 July 2017

    BEM Gunadarma Sesalkan Aksi Bullying di Kampusnya

    Peristiwa bully terhadap seorang mahasiswa berkebutuhan khusus diketahui terjadi di kampus Fakultas Ilmu Komputer dan Teknologi Informasi (FIKTI) Gunadarma, Depok. BEM FIKTI menyesalkan kejadian tersebut.

    "Terkait video perilaku bully yang dilakukan oleh mahasiswa. Kami sangat menyayangkan adanya perilaku bully tersebut," demikian pernyataan dari BEM Fikti Gunadarma

    BEM Fikti menyesalkan peristiwa bully oleh mahasiswa ke mahasiswa lain. Pihak BEM sudah berkoodinasi dengan rektorat untuk segera menyelesaikan persoalan ini.

    "Kami menghimbau untuk teman-teman agar tidak menghakimi individu atau institusi, kami telah berkomunikasi dengan Kemahasiswaan FIKTI Kampus , dan akan segera diselesaikan kasus ini," kata pihak BEM Fikti.

  • 08:30
    17 July 2017

    Pihak Kampus akan Usut Pelaku Bullying

     Universitas Gunadarma tengah mengusut video viral mahasiswa berkebutuhan khusus yang di-bully mahasiswa lain. Atas kejadian itu pihak kampus akan menindaklajuti.

    "Ya saya juga lagi mengumpulkan data-datanya, memang untuk sementara betul ada seperti video yang viral dan akan kita tindak lanjuti besok," kata Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan Universitas Gunadarma Irwan Bastian.

    Diakuinya kejadian itu sangat disayangkan pihak kampus. Irwan melihat kejadian dalam video viral itu seperti bercanda pada umumnya tapi memang sudah kelewatan.

    "Ya kami menyayangkan, ini kan enggak harus terjadi sekilas seperti bercanda tapi kelewatan betul. Saat ini kita sedang mengumpulkan data-datanya kita coba klarifikasi dari nama-nama yang sudah kita dapat, saat ini juga sedang ditangani Wadek 3 Fakultas Ilmu Komputer dan Teknologi (FIKTI)," jelasnya. 

  • 08:15
    17 July 2017

    Mensos Sesalkan Aksi Bully di Kampus

    Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa menyayangkan kejadian bully tersebut. Dia memaparkan data di Kemensos mengenai peristiwa bully yang masuk kategori rawan.

    "Jadi sebetulnya soal bullying, saya pernah menyampaikan datanya agak rawan sekali jadi ada sampai 40 persen terutama anak-anak SD sampai SMP ketika di-bully itu frustasinya cukup dalam," kata Khofifah

  • 08:00
    17 July 2017

    Beredar Video Aksi Bully Terhadap Mahasiswa Berkebutuhan Khusus

     Beredar video aksi bully terhadap mahasiswa berkebutuhan khusus di salah satu kampus. Peristiwa ini disesalkan.

    Dalam video berjudul 'lmparan tong sampah maut' yang beredar itu, disebutkan mahasiswa berkebutuhan khusus itu merupakan salah satu mahasiswa di salah satu kampus swasta di Depok, Jabar. Tidak dijelaskan secara rinci kapan video tersebut diambil.

    Mahasiswa berkebutuhan khusus itu sedang berjalan sendiri. Tiba-tiba mahasiswa lain mengganggu dia dengan menarik-narik tas punggung yang dipakai korban ke arah belakang. Ada mahasiswa lain di sekitar korban yang bersorak dan bertepuk tangan.

    Mahasiswa berkebutuhan khusus itu berontak. Setelah tarikan dari arah belakang terlepas, mahasiswa yang menjadi korban itu melemparkan bak sampah dengan gerakan sekenanya ke para pelaku. Bak sampah itu tak sempat mengenai pelaku.