Setya Novanto Tersandung Proyek EKTP

Setya Novanto Tersandung Proyek EKTP
  • 11:30
    18 July 2017

    Novanto Tersangka, Akbar Tandjung Minta Adanya Pemimpin Baru

    Ketua DPR sekaligus Ketua Umum Golkar Setya Novanto ditetapkan KPK jadi tersangka kasus e-KTP. Wakil Ketua Dewan Kehormatan Partai Golkar Akbar Tandjung langsung menyuarakan perlunya kepemimpinan baru di Partai Beringin.

    "Golkar harus mengambil langkah-langkah strategis ke depan, khususnya mempersiapkan diri menghadapi Pemilu 2019 yang akan datang. Kalau hari ini Setya Novanto sudah ditetapkan jadi tersangka, ya sudah, harus diputuskan langkah-langkah yang mendasar yang penting diambil Golkar dalam menghadapi agenda politik 2019," kata Akbar

    Langkah strategis itu adalah kepemimpinan baru. "Kita sudah perlukan adanya kepemimpinan baru yang akan memimpin Golkar dalam kondisi kritis yang amat genting ini supaya Golkar siap dalam menghadapi agenda politik 2018 dan 2019 ini," kata Akbar.

    Kepemimpinan baru itu, menurut Akbar, tak boleh hanya pelaksana tugas, melainkan kepemimpinan definitif yang sesuai AD/ART dipilih melalui Munas ataupun Munaslub Golkar.

  • 11:20
    18 July 2017

    KPK Siapkan Strategi Hadapi Novanto

    Setelah menetapkan Setya Novanto sebagai tersangka kasus korupsi e-KTP, Ketua KPK Agus Rahardjo mengatakan proses selanjutnya adalah pengadilan. Strategi dan langkah-langkah pun disiapkan.

    Agus mengatakan KPK akan membawa bukti-bukti yang diperlukan dalam proses pengadilan itu untuk meyakinkan majelis hakim dan masyarakat bahwa KPK berada di jalan yang benar.

    "(Soal) intervensi yang bersangkutan dan lain-lain, kami tidak akan berkomentar. Apakah kami punya data atau informasi, biar kami yang mengatur langkah dan strategi," ujar Agus .

    Agus menyampaikan ini saat dimintai tanggapan soal kabar yang menyebut Setya Novanto sudah melakukan intervensi ke Mahkamah Agung untuk memenangi praperadilan.

  • 11:10
    18 July 2017

    Novanto Jadi Tersangka, Ini Reaksi ICW

    KPK telah menetapkan Setya Novanto sebagai tersangka kasus e-KTP. Novanto didesak mundur dari jabatannya sebagai Ketua DPR. 

    "Untuk menghadapi proses hukum, Setya Novanto harus mundur sebagai Ketua DPR. Hal ini ditujukan agar tidak terjadi penyalahgunaan wewenang sebagai pimpinan lembaga negara untuk melawan proses hukum sehingga tidak terjadi konflik kepentingan," kata Donal Fariz dari ICW. 

    ICW juga meminta Golkar melakukan pembenahan internal di partai. Jika tidak, citra partai akan terbenam. 

    "Partai Golkar harus segera melakukan pembenahan internal untuk mengganti pimpinannya yang bermasalah. Selain itu, Golkar harus mendukung proses penegakan hukum yang dilakukan oleh KPK agar citra partai tidak semakin terbenam," ungkapnya. 

  • 11:00
    18 July 2017

    Novanto Tersangka, Nasdem Desak Penggantian Ketua DPR

    Politikus Partai NasDem Taufiqulhadi meminta Setya Novanto segera mundur dan diganti dari jabatannya sebagai Ketua DPR RI. Taufiq mengatakan, jika sudah ditetapkan sebagai tersangka, sudah semestinya Novanto diganti. 

    "Begitu tersangka, harusnya segera diganti dan mundur (Novanto)," ujar Taufiqulhadi. 

    Taufiq mengatakan penetapan tersangka pada Novanto membuktikan bahwa adanya Pansus Angket KPK bukan untuk melemahkan KPK. Justru ia mengimbau kepada anggota DPR agar tidak korupsi. 

    "Ternyata kan tidak, Pansus Angket tidak bisa menjadi tempat berlindung. Dan bukan melindungi, tidak ada mekanismenya," kata Taufiq. 

    "Saya menyerukan jangan korupsi. Karena, kalau korupsi, balasannya seperti itu. Jadi jangan berpikir bahwa akan aman, tidak akan aman, apalagi dengan hak angket ini bergulir, maka penegak hukum akan lebih sensitif," sambung dia. 

  • 10:50
    18 July 2017

    KPK Tepis Penetapan Novanto Sebagai Tersangka Karena Pansus

     KPK menetapkan Ketua DPR Setya Novanto sebagai tersangka kasus dugaan korupsi pengadaan e-KTP. KPK menegaskan penetapan ini tidak ada kaitannya dengan Pansus Hak Angket KPK di DPR yang sedang bergulir.

    "Ini sama sekali tidak terkait dengan Pansus yang sekarang sedang bekerja," kata Ketua KPK Agus Rahardjo dalam jumpa pers di gedung KPK.

    Agus mengatakan penyidik meningkatkan status Setya Novanto ini bukan serampangan. "Kami pasti punya bukti," ujarnya.

  • 10:40
    18 July 2017

    DPR Tunggu Sikap Golkar Terkait Posisi Novanto di DPR

    KPK menetapkan Setya Novanto sebagai tersangka baru e-KTP. Pimpinan DPR masih menunggu sikap fraksi soal pergantian Novanto sebagai Ketua DPR.

    "Menyangkut pimpinan, tergantung partai atau fraksi. Kalau fraksi memberikan keleluasaan pimpinan, saya kira tak ada masalah selama belum inkrah kecuali dari parpol mengajukan pergantian," ujar Wakil Ketua DPR Fadli Zon di gedung DPR.

    Menurutnya, saat ini pihaknya juga menunggu proses hukum yang berjalan. Status Novanto tidak bisa diputuskan oleh Mahkamah Kehormatan Dewan (MKD) DPR.

    "Ini bukan persoalan etika, ini persoalan hukum. Ini bukan persoalan etika," ucapnya.

    Oleh sebab itu, pimpinan DPR masih menunggu sikap resmi dari Golkar. Apakah Novanto dicopot dari Ketua DPR atau tidak.

  • 10:30
    18 July 2017

    KPK Siap Adu Bukti Di Pengadilan Terkait Kasus Novanto

    Ketua KPK Agus Rahardjo menegaskan pihaknya memiliki bukti permulaan yang cukup dalam menetapkan Setya Novanto jadi tersangka kasus korupsi e-KTP. Agus menyatakan pihaknya siap beradu bukti di proses pengadilan.

    "Proses berikutnya diserahkan ke pengadilan," kata Agus saat jumpa pers di gedung KPK.

    "Nanti kita adu bukti di pengadilan," ujarnya.

    Agus mengatakan KPK akan membawa bukti-bukti yang diperlukan dalam proses pengadilan itu untuk meyakinkan majelis hakim maupun masyarakat.

  • 10:20
    18 July 2017

    Ini Dugaan Keterlibatan Novanto di Proyek EKTP

    Setya Novanto (SN) ditetapkan sebagai tersangka keempat dalam kasus e-KTP. Novanto, yang kala itu menjabat Ketua Fraksi Golkar di DPR, disangka telah mengkondisikan pengadaan barang dan jasa proyek e-KTP. 

    "Saudara Setya Novanto melalui AA (Andi Agustinus) diduga telah mengkondisikan pengadaan barang dan jasa KTP elektronik," kata Ketua KPK Agus Rahardjo dalam konferensi pers di KPK.

    Agus menjelaskan Setya Novanto diduga memiliki peran dalam setiap proses pengadaan e-KTP. Mulai perencanaan, pembahasan anggaran, hingga pengadaan barang dan jasa. 

    "Saudara SN melalui AA diduga memiliki peran, baik dalam proses perencanaan, pembahasan anggaran, hingga pengadaan barang dan jasa," jelas Agus. 

  • 10:10
    18 July 2017

    Jadi Tersangka Proyek EKTP, Novanto Terancam Hukuman Seumur Hidup

     KPK menetapkan Setya Novanto sebagai tersangka baru e-KTP. Novanto disangka melanggar Pasal 3 atau 2 ayat 1 UU Nomor 20 Tahun 2001 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi. 

    "Terhadap Saudara SN disangkakan melanggar Pasal 3 atau 2 ayat 1 UU Tipikor juncto Pasal 55 ayat 1 ke-1 KUHPidana," kata Ketua KPK Agus Rahardjo dalam konferensi pers di KPK. 

    Pasal 3 memiliki ancaman maksimal penjara seumur hidup dan denda paling banyak Rp 1 miliar. Sedangkan Pasal 2 ayat 1 ancaman maksimal 20 tahun penjara dan denda paling banyak Rp 1 miliar

  • 10:00
    18 July 2017

    KPK Tetapkan Setya Novanto Tersangka Baru Proyek EKTP

     KPK menetapkan tersangka baru dalam kasus e-KTP. Ketua DPR Setya Novanto ditetapkan sebagai tersangka.

    "KPK menetapkan Saudara SN, anggota DPR periode 2009-2014, sebagai tersangka terbaru kasus e-KTP," kata Ketua KPK Agus Rahardjo dalam konferensi pers di kantor KPK

    enetapan ini dilakukan setelah KPK mencermati persidangan kasus ini dengan terdakwa Sugiharto dan Irman. 

    "Ada bukti permulaan yang cukup untuk penetapan tersangka baru," ujar Agus.