'Shakespeare Rock and Roll' Chuck Berry, Tutup Usia

Arah - Chuck Berry, yang menjadi salah satu pelopor rock 'n' roll sebagai gitaris paling berpengaruh sekaligus pencipta nyanyian parau meninggal dunia pada Sabtu (18/3) atau Minggu pagi WIB (19/3) di rumahnya di Missouri, Amerika Serikat pada usia 90 tahun.

Polisi di St. Charles County, luar St. Louis, mengatakan mereka dihubungi oleh pengurus rumah Berry yang melaporkan bahwa dia sakit dan petugas layanan darurat mendapati dia tidak sadarkan diri.

[baca_juga]

Petugas teknis medis darurat berusaha menyadarkan dia dengan resusitasi jantung paru, namun tidak berhasil. "Berry dinyatakan meninggal dunia pukul 13.26 waktu setempat," kata polisi setempat.

Meski Elvis Presley yang mendapat julukan raja rock 'n' roll, namun mahkota itu juga pas dikenakan pada pemilik nama lengkap Charles Edward Anderson Berry.

Sejumlah lagu hit Berry adalah Johnny B. Goode", "Roll Over Beethoven", "Sweet Little Sixteen", "Maybellene" dan "Memphis" memadukan unsur blues, rockabilly dan jazz pernah menjadi lagu-lagu pop Amerika paling abadi di Abad XX.

Dia punya pengaruh monumental bagi anak mana pun yang memetik gitar dengan aspirasi bintang rock - Keith Richards, Paul McCartney, John Lennon dan Bruce Springsteen termasuk di antaranya.

Bob Dylan menyebut Berry sebagai "Shakespeare rock 'n' roll", dan dia adalah salah satu musisi populer pertama yang menulis dan membawakan lagunya sendiri.

Berita Terkait

Legenda Rock N Roll Dunia, Chuck Berry Meninggal Dunia Legenda Rock N Roll Dunia, Chuck Berry Meninggal Dunia
Tiru Kalsel, Sandiaga Janjikan Pasar Terapung di Kepulauan Seribu Tiru Kalsel, Sandiaga Janjikan Pasar Terapung di Kepulauan Seribu
Kapolda Metro Sebut Saksi Kasus Palu Arit Rizieq Sudah Cukup Kapolda Metro Sebut Saksi Kasus Palu Arit Rizieq Sudah Cukup

#Jakarta #Chuck Berry #Legenda Rock and Roll #Musik Rock N Roll

Ingin informasi lebih, follow dan Like

Komentar