Unik, Orangutan Dapat Memilih Jodoh Lewat

Arah -  Ternyata tak hanya manusia saja yang membutuhkan perjodohan untuk menemukan calon pendamping kehidupannya kelak, hewanpun juga.

Tim peneliti dari Leiden University dan Kebun Primata Apenheul,Belanda mengembangkan aplikasi pencarian jodoh untuk orangutan. 

Baca Juga: Tujuh Orangutan Dikembalikan Ke Habitatnya
Gara-gara Konflik, Orangutan Hampir Kehilangan Hutan

Uniknya penggunaannya mirip dengan aplikasi perjodohan, Tinder. Pengguna hanya menggeser kalau tidak cocok dan "match" jika cocok dengan lawan jenisnya.

Tim peneliti memberi sebuah tablet berisi foto-foto calon pasangan pada orangutan betina untuk melihat wajah si jantan agar dapat mempengaruhi hubungan seksual mereka. 

Program yang bernama “Tinder for Orangutans” ini diharapkan agar populasi orangutan bertambah dan tidak punah. Untuk percobaan awal, Tim kebun primata menjodohkan orangutan bernama Samboja yang berumur 11 tahun agar memilih calon pasangannya. Namun bukan perkara mudah menjodohkannya, tak jarang tablet yang digunakan untuk memilih pasangan harus dicakar bahkan dibanting hingga rusak. 

Berita Terkait

Bantah Selewengkan Dana Bansos, Ini Penjelasan Mpok Sylvi Bantah Selewengkan Dana Bansos, Ini Penjelasan Mpok Sylvi
Patrialis Akbar Ditangkap KPK, Ketua MK:Ya Allah Saya Mohon Ampun Patrialis Akbar Ditangkap KPK, Ketua MK:Ya Allah Saya Mohon Ampun
Kapolri Nilai Sikap Radikal Bisa Positif, Jika... Kapolri Nilai Sikap Radikal Bisa Positif, Jika...

#Jakarta

Ingin informasi lebih, follow dan Like

Komentar