Delman Tak Lagi Istimewa, Kian Tersisih oleh 'Kuda Besi'

Arah - Para Kusir kian tersingkir oleh para supir, Delman hanya diperbolehkan beroperasi di pinggiran kota. di kawasan Ulujami, Jakarta Selatan ini merupakan salah satu titik pangkalan Delman yang masih tersisa di Ibukota.

Di sini delman bukanlah sebagai sarana pelengkap pada sebuah lokasi wisata, tapi benar-benar pada fungsinya sebagai alat transportasi umum, yang juga bersaing dengan berbagai macam moda transportasi publik lainnya di Jakarta seperti; Bus Transjakarta, Kopaja, Mikrolet, Metromini, Taksi atau Ojek konvensional dan online.

Salah satu yang masih setia menjalankan usaha transportasi tradisional ini adalah; Rohadi, salah satu kusir delman, yang selalu mangkal di jalan Swadarma, Ulujami, Jakarta Selatan. Puluhan tahun sudah ia menekuni Profesi sebagai Kusir Delman, ia merasakan betul dampak dari munculnya beragam tarsportasi yang menekan pendapatannya. “ Pendapatan saya berkurang, sejak banyaknya yang online gitu,” katanya saat di temuai arah.com.

Baca Juga: https://www.arah.com/video/1080/tunadaksa-dan-rumah-bonekanya-yang-mendunia.html
https://www.arah.com/video/1148/tak-ada-siang-di-venus-tambora.html

Meskipun harus bersaing dengan angkutan umum lain, delman yang ada di kawasan Ulujami ini terus mengaspal di tengah lalu lalang angkutan kota, mereka mempunyai pelanggan setia, Ida misalnya, warga jalan Swadarma ini, mengaku sudah dari kecil naik delman, Ida merasa lebih nyaman naik Delman. “ saya pribadi merasa nyaman naik delman, karena sudah dari kecil, harganya juga terjangkau” ungkapnya.

Rohadi tidak mematok harga, para penumpang bisa membayar dengan seikhlasnya. Delman yang bermuatan kurang lebih lima orang ini, tidak harus menunggu penuh seperti transpotasi umum lainnya. Meski hanya satu orang penumpang, Pak Kusir langsung siap mengantarkan sampai ke tujuan.

Baik Rohadi maupun Ida, keduanya berharap agar Delman tetap dilestarikan dan tetap ada sebagai alat transportasi yang sudah menjadi ciri khas dan tertanam dalam memori kolektif warga Ulujami.

Berita Terkait

Redam Konflik, Angkutan Online di Kota Ini akan Ditertibkan Redam Konflik, Angkutan Online di Kota Ini akan Ditertibkan
Selain Dianjurkan Rasululloh, Berkuda Juga Mencerdaskan Anak Selain Dianjurkan Rasululloh, Berkuda Juga Mencerdaskan Anak
Demo Tolak Transportasi Online, Spanduk Gojek Dibakar Demo Tolak Transportasi Online, Spanduk Gojek Dibakar

#Jakarta #delman motor #manfaat kuda #berkuda #Kerajinan Tradisional #Bus TransJakarta #transportasi publik #GoJek #Kementerian Perhubungan #Dishub DKI

Ingin informasi lebih, follow dan Like

Komentar