Keren! Indonesia Buat Tank Perang, Begini Penampakannya

Arah -  Perusahaan industri dan manufaktur yang bergerak dalam pembuatan produk militer milik Indonesia, PT. Pinad telah menjalin kerjasama dengan perusahaan asal Turki FNSS untuk menggarap proyek medium tank. Dalam kerja sama yang dilakukan sejak tahun 2015 ini, prototipe medium tank pertama pun telah selesai dibuat.

Diberi nama KAPLAN MT Modern Medium Weight Tank, tank medium bermesin diesel ini memiliki berat 30-40 ton dan dijalankan dengan sistem transmisi otomatis. Tank ini mampu mengangkut 3 personil sekaligus dalam sekali jalan.

KAPLAN MT memiliki kemampuan tembakan langsung yang akurat, tembakan jarak dekat dengan amunisi anti-tank, serta mobilitas taktis dan strategis yang superior. Ia juga didukung oleh power pack di bagian belakang kendaraan, yang memberikan rasio power-to-weight sekitar 20 HP / ton.

Baca Juga: Canggih, Earpiece Ini Mampu Terjemahkan Berbagai Bahasa
Abbas Ibnu Firnas, Ilmuwan Muslim Perintis Teknologi Penerbangan

Selain itu tank medium ini juga dilengkapi dengan sistem manajemen medan perang dan sistem peringatan laser yang memberikan kesadaran taktis kepada komandan yang bertugas di kendaraan.

Dengan jarak tempuh maksimal sekali jalan 450 km KAPLAN MT mampu melaju dengan kecepatan 70 km per jam.Tank ini juga dilengkapi dengan kaliber 105 mm yang diadopsi dari Cockerill Maintenance & Ingenierie SA Defense dari Belgia dan 7.62 mm Coaxial Machine Gun.

Berita Terkait

Alhamdulillah, Turki Cabut Larangan Berhijab di Militer Alhamdulillah, Turki Cabut Larangan Berhijab di Militer
5 Kendaraan Militer Termahal di Dunia, Secanggih Apa? 5 Kendaraan Militer Termahal di Dunia, Secanggih Apa?
Ini Janji Garda Bangsa kepada Kapolri Ini Janji Garda Bangsa kepada Kapolri

#Jakarta #Kendaraan militer #Kerjasama Militer #Militer Turki #Militer

Ingin informasi lebih, follow dan Like

Komentar