Haru! Curahan Hati Penderita Skizofrenia yang Dicap Gila

Arah - Ingatan Hadi Sucarsa kembali terkenang pada kejadian 12 tahun silam. Ketika itu, dia berlari-lari ke sana kemari dan mengamuk. Dia merasa banyak suara-suara terdengar di telinganya. “keluarga saya menduga saat itu saya kesurupan,” ujarnya.

Keluarga lantas membawa Hadi ke rumah sakit. Setelah diperiksa, ternyata dia dinyatakan mengalami Skizofrenia, yaitu penyakit gangguan jiwa berat. Penyakit ini ditandai dengan perubahan tingkah laku aneh, mengalami halusinasi panca indera dan waham yaitu keyakinan palsu yang dipertahankan. Sejak itu hadi menjalani pengobatan. “sampai saat ini saya masih berobat,” ujarnya.

Selama berbulan-bulan sampai tahunan, hadi hanya di rumah dan tidak bicara dan membuat ia kehilangan kosa kata 80%. “saking lamanya saya diam, kosa kata saya sempat hilang sekitar 80%, karena selama itu saya hanya menggunakan kata “iya dan tidak saja, namun sekarang sudah terbangun lagi kosa kata tersebut,” ungkap Hadi.

Baca Juga: Haru! Kisah Perjuangan Tunadaksa Deni si Pembelah Jakarta
Ini Transportasi Online Legal Namun Terabaikan

Pria yang pernah tiga kali dirawat lantaran skizofrenia ini mengaku sudah sembuh. “saya ngerasa udah sembuh karena fungsi sosial saya sudah bagus,” katanya.

Lain halnya dengan Osse Kiki, yang juga mengidap Skizofrenia sejak tahun 2008. Kiki mengaku kerap mendengar bisikan yang menyuruhnya untuk bunuh diri. “saya mendengar bisikan yang menyuruh saya untuk bunuh diri,”ungkap kiki.

Bisikan tersebut juga mendorong Kiki, untuk membunuh semua orang yang ada dirumahnya. Untungnya perhatian dari keluarga, membuat Kiki bisa menceritakan apa saja yang dialaminya. sehingga keluarga bisa dengan sigap membawa Kiki kembali berobat.

Sampai saat ini, Hadi dan Kiki punya semangat besar untuk segera pulih, meski harus menelan obat seumur hidup mereka.

Simak video pengakuan kisah hidup duo skizofrenia ini...

Berita Terkait:

#Jakarta #kejiwaan #Skizofrenia #hikmah kehidupan

Berita Terkait

Stabilitas Negara Terganggu, PKS: Apa Benar karena Fatwa MUI? Stabilitas Negara Terganggu, PKS: Apa Benar karena Fatwa MUI?
Gejolak Kebijakan Trump Khawatirkan Pemerintah RI Gejolak Kebijakan Trump Khawatirkan Pemerintah RI
Bertemu Kapolri, Henry Yosodiningrat Akan Lapor Habib Rizieq? Bertemu Kapolri, Henry Yosodiningrat Akan Lapor Habib Rizieq?

#Jakarta #Skizofrenia #kejiwaan #hikmah kehidupan

Ingin informasi lebih, follow dan Like

Komentar