Cahaya Hidayah di Masjid Lautze

Arah -  Masjid unik petilasan Tiongkok yang berdiri di atas jalan Lautze, Pasar Baru, Jakarta Pusat, dapat memanjakan mata dengan hiasan lampion kecil bergelantungan, hal ini juga dapat menarik perhatian penggunan jalan yang sedang melintas.

Bagaimana tidak, bangunan berlantai empat itu berwarna paduan kuning, merah, dan hijau, disertai pula hiasan lampion kecil yang bergantungan. Orang awam mungkin akan mengiranya sebagai salah satu klenteng atau tempat beribadah umat Konghucu.

Pengunjung dapat bisa melihat Masjid sentuhan khas budaya Tionghoa, mulai dari luar hingga kedalam bangunan.

Masjid tersebut bernama Masjid Lautze, salah satu masjid yang dibangun oleh umat muslim keturunan Tionghoa yang bernama Abdulkarim Oie Tjeng Hien . Karena itulah, gaya bangunannya tidak seperti masjid pada umunya.

Dalam sejarahnya, Masjid Lautze ini didirikan pada 9 April 1991, dan diresmikan pada 4 Februari 1994 oleh Presiden BJ Habibie kala itu. Asal kata "Lautze" adalah dari seorang tokoh muslim Tionghoa yang memeluk Islam pada tahun 1930an.

Baca Juga: Haru! Kisah Perjuangan Tunadaksa Deni si Pembelah Jakarta
Menangkan Ahok-Djarot, Ini Perintah Megawati
Haru! Curahan Hati Penderita Skizofrenia yang Dicap Gila

Tak berhenti disitu, ternyata peradaban Islam di kalangan Tionghoa mengalami pertumbuhan yang sangat pesat. Pasalnya, di Masjid Lautze tersebut memiliki catatan untuk mengetahui perkembang kalangan Tionghoa yang memeluk agama Islam.

“Alhamdulillah, kalau jumlah pasti mungkin saya agak lupa, tapi paling enngak kita bisa rata-ratakan setiap minggu itu bisa dua orang bisa bersyahadat, dan itu hampir 100 persen dari kalangan Tionghoa ya, mungkin 99 persen dari kalangan Tionghoa,” kata Humas Masjid Lautze, Yusman Iriansyah kepada Arah.com di lokasi, Jumat (18/2/2017).

“Dan itu bukan cuma lingkungan sini tapi dari Jabodetabek yang datang kesini, bahkan dari luar daerah pun banyak yang sengaja datang kesini untuk bersyahadat,” tambahnya.

Berita Terkait:

#Jakarta #Masjid Lautze #Tionghoa #Peradaban Islam

Berita Terkait

KPK Diminta Tuntaskan Kasus Suap Emirsyah, Jika Tidak... KPK Diminta Tuntaskan Kasus Suap Emirsyah, Jika Tidak...
Usut Suap Reklamasi, KPK akan Panggil Plt Gubernur DKI Jakarta Usut Suap Reklamasi, KPK akan Panggil Plt Gubernur DKI Jakarta
Sulit Jangkau Titik Api, Kebakaran Pasar Senen Belum Padam Sulit Jangkau Titik Api, Kebakaran Pasar Senen Belum Padam

#Jakarta #Masjid Lautze #Peradaban Islam #Tionghoa

Ingin informasi lebih, follow dan Like

Komentar