Masjid di Tambora Ini Ternyata Peninggalan Nabi Muhammad SAW

Arah -  Masjid Jami' An Nawier atau yang lebih dikenal sebagai Masjid Pekojan ini terletak di Kelurahan Pekojan, Kecamatan Tambora, Jakarta Barat.

Bangunan ini diyakini menjadi tempat ibadah umat Islam sejak Tahun 1760 Masehi atau 1180 Hijriah.

Menurut Ketua Pengurus Masjid Jami' An Nawier, Dikky Basandid menjelaskan perihal siapa pendiri dari Masjid yang sudah berusia ratusan tahun ini. Pasalnya, bangunan yang sudah dilakukan beberapa kali pemugaran ini tidak mencatat secara jelas pendiri dari Masjid tersebut.

"Klo memang Masjid itu sendiri untuk pendirinya, ini tidak tercatat secara jelas," kata Dikky Basandid di lokasi.

"Namun, ada beberapa diantara pewakif-pewakifnya yang mewakafkan tanah seperti makam yang ada di depan Masjid ini," sambungnya.

Baca Juga: Aden 'Memecut' Hidup dengan Kuda Lumping
Cintya 'Bomber' Hijabers yang Tak Lagi 'Cemen'
Pakar: Penurunan Muka Tanah Perparah Banjir Jakarta

Kendati begitu, pria yang kerap disapa Ustad Kiki ini menambahkan, bahwa konon Masjid yang memiliki tiang penyanggah sebanyak 33 ini dibangun oleh keturunan Nabi Muhammad SAW.

"Yaitu yang dikenal dengan oleh warga skitar dengan makam Syarifah Hababbah kecil," tambahnya.

"Jadi, dengan julukan kecil ini karena memang dahulu makamnya tidak terlalu besar. Beliau itu adalah seoarang wanita dari salah satu keturunan Nabi Muhammad SAW," paparnya.

Diketahui, Masjid An Nawier dikelilingi pagar tembok dan besi dengan pintu masuk halaman di selatan dan barat laut. Luas tanah 2.470 meter persegi dan luas bangunan 1.500 meter persegi, ditambah pondasinya setinggi setinggi 80 sentimeter. Yang menonjolnya lagi, dari Masjid ini adalah menara setinggi 17 meter yang dibangun pada abad ke-19.

Berita Terkait:

#Jakarta #Sejarah Jakarta #sejarah masjid #Situs Bersejarah #Wisata Sejarah #ibukota jakarta #Masjid An-Nawier #Masjid Bersejarah #Masjid Pekojan #Masjid Peninggalan Nabi

Berita Terkait

Menag: Waspada Sisi Negatif Zaman Globalisasi Menag: Waspada Sisi Negatif Zaman Globalisasi
Ini Kualifikasi KPUD DKI Tentukan Panelis dan Moderator Debat Ini Kualifikasi KPUD DKI Tentukan Panelis dan Moderator Debat
Djarot Sebut Pedagang Pasar Senen Akan Direlokasi ke Blok V Senen Djarot Sebut Pedagang Pasar Senen Akan Direlokasi ke Blok V Senen

#Jakarta #sejarah masjid #Masjid Peninggalan Nabi #Masjid Pekojan #Masjid Bersejarah #Masjid An-Nawier #ibukota jakarta #Sejarah Jakarta #Wisata Sejarah #Situs Bersejarah

Ingin informasi lebih, follow dan Like

Komentar